Ini Peluang-peluang Usaha di Tengah Pandemi Menurut Sandiaga Uno

Kompas.com - 05/12/2020, 17:15 WIB
Pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno ditemui di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (25/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIPengusaha Sandiaga Salahuddin Uno ditemui di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19, tetap ada peluang yang bisa dikembangkan. Ada sektor-sektor usaha yang berpotensi besar saat pandemi.

"Satu pintu rejeki tertutup, pintu lain terbuka, di balik kesulitan ada kemudahan. Peluang-peluang baru pun muncul," ujarnya dalam webinar Kompasianival, Senin (5/12/2020).

Menurut dia, sektor usaha yang kini meningkat pesat dan berpeluang dikembangkan yakni produk-produk kesehatan seperti alat kesehatan. Kemudian peluang di sektor pertanian hingga sektor digital.

"Peluang baru muncul di sektor pangan, pertanian, sektor digital, serta sektor herbal, seperti jamu ini menjadi sangat laku dan jadi jawara di tengah pandemi," ungkap Sandi.

Baca juga: Intip Tiga Tips Bisnis Tetap Untung di Tengah Pandemi dan Resesi

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, peluang-peluang usaha baru itu perlu dimanfaatkan dan dikelola dengan baik sehingga menghasilkan keuntungan.

Sebab, memang banyak sektor usaha yang terpukul pandemi. Di sisi lain, banyak pula pihak yang harus kehilangan pekerjaannya atau kehilangan sebagian penghasilannya karena tekanan Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, peluang usaha yang baru bisa menjadi pilihan untuk mereka yang terdampak secara finansial, sehingga bisa bertahan melewati masa pademi.

"Mari kelola peluang-peluang ini dengan baik yang akan mendatangkan arus kas yang lebih baik, dan mendatangkan omzet yang terus meningkat. Serta saling menguatkan dnegan pembentukan komunitas-komunitas," ujarnya.

Sandi menambahkan, memulai usaha di tengah pandemi sangat memungkinkan. Selain melihat sektor yang berpotensi, dapat juga dengan menganalisa permasalahan yang ada dan menjadikan solusinya sebagai peluang bisnis.

Ia meyakini, pemulihan ekonomi semakin nampak, maka setiap orang perlu bersiap untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada.

"Temukan masalah dan hadirkan solusi secara kreatif dan inovatif. Tanda-tanda pulihnya ekonomi semakin jelas, persaingan tahun depan adalah siapa yang paling siap tumbuh cepat, maka rancang dan menangkan mulai dari sekarang," pungkas Sandi.

Baca juga: 5 Tips dari Sandiaga Uno agar Bisnis Berkembang di Tengah Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.