Ajak Masyarakat Patuh Bayar Pajak, Sri Mulyani: Investasi untuk Anak Cucu

Kompas.com - 08/12/2020, 15:36 WIB
Ilustrasi pajak THINKSTOCKS/WAVEBREAKMEDIA LTDIlustrasi pajak

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan dalam membayar pajak.

Ia mengatakan, Kemenkeu akan memerangi pihak-pihak yang tidak menggunakan keuangan negara dengan baik.

Bendahara Negara itu pun menjelaskan, membayar pajak merupakan kewajiban institusi yang harus dilaksanakan.

Baca juga: Penerima Subsidi Gaji Termin II Berkurang, Kemenaker Duga Ada Perusahaan Manipulasi Data Wajib Pajak

Di sisi lain, kepatuhan membayar pajak merupakan salah satu upaya untuk menjaga Indonesia secara berkelanjutan.

"Kita akan perangi bersama mereka yang tidak menggunakan keuangan negara secara baik dan terus bersama mengampanyekan, membayar pajak adalah investasi bagi kita sendiri dan anak cucu kita," jelas dia dalam webinar Pandemi dan Keberlanjutan Reformasi Pajak, Selasa (8/12/2020).

Sri Mulyani mengatakan, masyarakat yang membayar pajak memiliki hak untuk meminta akuntabilitas serta transparansi dari pemerintah.

Di bidang keuangan negara, Kemenkeu akan menyampaikan kepada masyarakat mengenai pendapatan pajak yang berhasil dikumpulkan, penggunaan dari pendapatan hasil pajak, hingga alokasi penggunaan pajak tersebut.

"Kami akan menyampaikan seluruh penyelenggaraan keuangan negara secara transparan, kami juga akan terus berupaya mengelolaa keuangan negara secara bertanggung jawab," jelas Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, di tengah pandemi, situasi keuangan negara mengalami tekanan.

Baca juga: Pemerintah Bebaskan Bea Masuk dan Pajak Impor Vaksin Covid-19

Sebab, ketika pendapatan negara menurun, belanja negara justru melonjak untuk memberikan bantuan subsidi baik kepada masyarakat, korporasi, hingga pemerintah daerah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X