Elon Musk Bertanya soal Bitcoin, Siap Lakukan Transaksi Besar?

Kompas.com - 21/12/2020, 13:39 WIB
Elon Musk dan Grimes. AFPElon Musk dan Grimes.

NEW YORK, KOMPAS.com - Elon Musk mempertimbangkan untuk melakukan transaksi besar dari neraca keuangan Tesla ke dalam Bitcoin.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (21/12/2020) hal itu dia ungkapkan dalam sebuah rangkaian tweet yang dia tujukan kepada CEO Microstrategy Inc. Michael Saylor.

Melalui akun Twitternya, Saylor mendorong CEO Tesla tersebut untuk menggeser sebagian aset Tesla dalam dollar AS menjadi bitcoin.

"Mintalah kepada pemegang saham Anda sebesar 100 miliar dollar AS, dan perusahaan lain yang berada dalam index S&P 500 bakal mengikuti jejak Anda hingga akhirnya jumlah tersebut akan menjadi 1 triliun dollar AS," ujar Saylor dalam salah satu rangkaian tweetnya.

Baca juga: Ke Elon Musk, Jokowi Tawarkan Indonesia sebagai Tempat Peluncuran Roket SpaceX

Aksi balas tweet tersebut terjadi setelah sebelumnya Musk sempat mengunggah gambar yang mengindikasikan dirinya mulai tertarik terhadap mata uang kripto bitcoin yang dalam setahun nilainya meningkat hampir tiga kali lipat.

"Apakah transaksi dengan nilai sebesar itu mungkin dilakukan?" tanya Musk merespons Saylor.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah orang pun menjawab hal tersebut sangat mungkin. Dan Saylor mengungkapkan dirinya telah melakukan transaksi lebih dari 1,3 miliar dollar AS melalui bitcoin dan siap  untuk membagi portofolionya secara offline.

Lonjakan bitcoin ke rekor tertinggi membuat investor berlomba untuk mulai melakukan transaksi di mata uang kripto tersebut, meski artinya mereka harus membayar lebih tinggi.


Pekan lalu bahkan bitcoin menyentuh harga tertingginya di 23.000 dollar AS atau sekitar Rp 333,9 juta dollar AS (kurs Rp 14.100).

Sementara saham Tesla mulai hari ini, akan diperdagangkan sebagai anggota indeks S&P 500. Saham Tesla tercatat melonjak delapan kali lipat sepanjang tahun ini.

Hal itu mendorong Musk sebagai orang terkaya nomor dua di dunia, menggeser posisi Bill Gates. Bloomberg Billionaire Index mencatat, nilai kekayaan bersih Musk saat ini tercatat 167 miliar dollar AS, bertambah 140 miliar dollar AS.

Baca juga: Ingin Investasi Bitcoin? Pahami Risiko-risiko Berikut



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X