Jangan Lupa, Mulai Hari Ini Penumpang Pesawat dan Kereta Api Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen

Kompas.com - 22/12/2020, 06:33 WIB
Salah seorang calon penumpang kereta api jarak jauh tengah mengikuti rapid test antigen di Stasiun Kiaracondong Bandung, Senin (21/12/2020). Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNGSalah seorang calon penumpang kereta api jarak jauh tengah mengikuti rapid test antigen di Stasiun Kiaracondong Bandung, Senin (21/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Perjalanan Orang dengan Transportasi Selama Masa Libur Natal dan Tahun Baru Dalam Masa Pandemi Covid-19, atau selanjutnya disebut SE Kementerian Perhubungan.

Salah satu poin yang diatur dalam SE tersebut ialah kewajiban kepemilikan hasil negatif rapid test antigen bagi penumpang pesawat dan kereta api yang mulai berlaku hari ini, Selasa (22/12/2020).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, aturan tersebut berlaku bagi penumpang dengan rute perjalanan dari dan tujuan Pulau Jawa maupun perjalanan dalam Pulau Jawa.

Baca juga: Penerbangan ke Jeddah Dibatalkan, Garuda Gratiskan Biaya “Reschedule”

Kemudian, hasil rapid test antigen yang dapat digunakan paling lama ialah 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara untuk perjalanan udara menuju Pulau Bali, Kemenhub mewajibkan calon penumpang memiliki hasil negatif Covid-19 berbasis tes PCR, dengan waktu paling lama 7x24 jam sebelum keberangkatan.

"Kami meminta kepada seluruh operator transportasi agar memenuhi semua ketentuan dan memberikan sosialisasi yang memadai kepada seluruh anggota masyarakat," ujar Adita dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk penumpang kendaraan umum maupun pribadi darat dengan rute pergerakan di dalam, keluar, dan dari Pulau Jawa (kecuali Bali) tidak diwajibkan untuk memiliki hasil rapid test berbasis antigen.

Namun, Adita mengimbau kepada masyarakat dengan moda kendaraan tersebut untuk memiliki hasil rapid test antigen karena Satgas Covid-19 Daerah berpotensi melakukan tes secara acak di lapangan.

"Sewaktu-waktu bisa dilakukan random check bagi transportasi darat dan pribadi yang dilaksanakan oleh Satgas Daerah," ucapnya.

Baca juga: Mulai Hari Ini Penumpang Kereta Jarak Jauh Wajib Rapid Test Antigen



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.