5 Cara agar Peluang Karier Lebih Terbuka

Kompas.com - 24/12/2020, 08:33 WIB
Ilustrasi tim karyawan perusahaan mendapatkan bantuan pemerintah Shutterstock.comIlustrasi tim karyawan perusahaan mendapatkan bantuan pemerintah
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memengaruhi jutaan pekerja di Tanah Air. Hingga kini, beberapa industri beroperasi dalam kapasitas terbatas.

Terlepas dari itu, kamu yang terdampak pandemi Covid-19, mungkin menjadi satu dari segelintir orang yang mencari peluang baru dan kemungkinan perubahan karier cemerlang di tahun 2021.

Pertanyaannya, bisakah kamu menggapainya saat dunia baru saja memasuki pemulihan ekonomi?

Kalau begitu, simak tips dari Pakar Karier Ariel Lopez dan Latesha Byrd. Mengutip CNBC Make It, Kamis (24/12/2020), konon tips ini efektif membuat peluang karier lebih terbuka.

Baca juga: Mau Ikut Orientasi CPNS? Pahami 3 Ketentuan Ini

1. Perjelas apa yang kamu inginkan

Sebelum mengirim lamaran pekerjaan ke setiap lowongan kerja, Byrd menyarankan untuk memperjelas apa yang kamu inginkan. Pria yang mendirikan klub pengembangan karier dengan nama Career Chasers Members Club ini merekomendasikan, cobalah susun tujuanmu dalam daftar keinginan.

Kemudian lihat lagi tujuan apa saja yang membuatmu semangat. Masukkan pula poin-poin mengenai jenis lingkungan kerja yang mendukung kinerjamu makin baik, jenis tim yang ingin kamu ajak bekerjasama, dan budaya perusahaan.

"Menyusun tujuan dan hal-hal yang kamu inginkan merupakan ide yang baik untuk mengetahui hal apa saja dalam lingkungan kerja yang tidak dapat dinegoisasikan menurutmu," ucap Byrd.

2. Perbarui branding profesionalmu

Setelah menyusun keinginan pada poin nomor 1, perbarui resume, CV, atau profil LinkedIn-mu. Perbarui pula bio yang ada di akun sosial mediamu. Semuanya harus menunjukkan konsistensi.

Misalnya, jika kamu melamar di bidang keuangan sebagai manajer program atau menjadi manajer produk di perusahaan teknologi, sesuaikan resume-mu dengan deskripsi pekerjaan yang mereka inginkan.

"Namun lebih dari itu, saya sangat menyarankanmu untuk melihat profil LinkedIn orang lain, yang sudah profesional di bidang yang kamu lamar," saran Lopez.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Deretan Relawan Jokowi “Membanjiri” Posisi Penting di BUMN

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X