Kata Manajemen IKEA Soal Gugatan Ganti Rugi Senilai Rp 543 Miliar

Kompas.com - 08/01/2021, 17:35 WIB
Toko IKEA Indonesia, di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Senin (13/10/2014). Arimbi RamadhianiToko IKEA Indonesia, di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Senin (13/10/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen IKEA angkat bicara soal gugatan senilai Rp 543 miliar yang dilayangkan PT Agri Lestari Nusantara (ALN) terhadap IKEA Supply AG atas perkara perbuatan melawan hukum di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

Manajemen menjelaskan, IKEA Indonesia dan IKEA Supply AG merupakan dua entitas yang berbeda. Sementara Agri Lestari yang merupakan perusahaan pengembangan produk turunan kelapa, menjadi pemasok untuk IKEA Supply AG.

Kendati demikian, saat ini kerja sama keduanya sudah berakhir, lantaran IKEA Supply AG memilih untuk memutus kontrak kerja sama dengan Agri Lestari.

Baca juga: Operasi Pusat Perbelanjaan Dibatasi, Pengusaha: Selama Ini Mal Bukan Klaster Pandemi

"Pada kesempatan yang jarang terjadi, kami memutuskan untuk tidak lagi bekerja sama dengan mitra penyuplai kami. Pemutusan kerja sama ini merupakan keputusan yang berat bagi kami," jelas IKEA Range & Supply Media Relations & Newsdesk Älmhult, Sweden kepada Kompas.com, Jumat (8/1/2021).

Menurut manajemen, sebelum akhirnya memutuskan kontrak, perusahaan telah memastikan semua pilihan lain telah diusahakan dan dicoba. Kendati demikian, IKEA enggan menjelaskan diskusi apa saja yang sempat dilakukan dengan Agri Lestari.

"Kami tidak akan memberikan tanggapan atas kasus spesifik mengenai pemutusan kontrak ini. Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk menemukan kesepakatan yang adil bagi IKEA dan juga mitra kami," ungkap manajemen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun saat ini Grup Inter IKEA terdiri dari tiga bisnis inti, yaitu waralaba, range & supply, dan industri. Di dalam bisnis waralaba, Inter IKEA Systems B.V. adalah pemilik dari IKEA dan pemberi waralaba secara global.

Baca juga: Perusahaan Indonesia Ini Gugat IKEA Supply AG Rp 543 Miliar

Inter IKEA Systems B.V mengembangkan dan menawarkan konsep IKEA kepada pemegang waralaba IKEA, sehingga memungkinkan pemenuhan jangka panjang ide bisnis IKEA.

Di dalam bisnis range & supply, IKEA of Sweden AB bertanggung jawab untuk mengembangkan, mendesain, dan memproduksi perabot rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari banyak orang.

Selain itu, IKEA Supply AG adalah perusahan wholesale yang menyuplai pemegang waralaba IKEA dengan produk IKEA. Terakhir, bisnis industri adalah manufaktur produk IKEA berbahan dasar kayu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.