Luhut Bertemu Menlu China di Parapat, Ini yang Dibicarakan

Kompas.com - 13/01/2021, 06:17 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjatain didampingi oleh Wamendag Jerry Sambuaga melakukan penandatanganan kerja sama berbagai sektor di Parapat, Sumatera, Selasa (12/1/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjatain didampingi oleh Wamendag Jerry Sambuaga melakukan penandatanganan kerja sama berbagai sektor di Parapat, Sumatera, Selasa (12/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Parapat, Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu, Luhut didampingi oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang berkesempatan melakukan pembicaraan dengan Wang Yi mengenai peningkatan kerja sama strategis diberbagai bidang.

Kerja sama tersebut meliputi di bidang maritim, investasi, perdagangan, pelatihan vokasi, dan pengentasan kemiskinan di daerah pesisir.

"Kedatangan sahabat saya, Bapak Wang Yi ke Danau Toba ini diharapkan dapat mengembangkan kerja sama yang baik dan berkelanjutan antara kedua negara," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (12/1/2021).

Baca juga: Jasa Raharja Telah Konfirmasi 42 Ahli Waris Korban Sriwijaya Air SJ 182

Wang Yi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo yang akan didampingi oleh Menlu RI Retno Marsudi pada Rabu (13/1/2021) sore.

"Besok Bapak Wang Yi akan diterima oleh Bapak Presiden dan mendengar langsung harapan Bapak Presiden terhadap kerja sama strategis kedua negara yang telah terjalin selama ini," ujar Luhut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum menuju ke Jakarta, Wang Yi bersama beberapa delegasinya akan melakukan kegiatan hiking dan mengunjungi beberapa tempat historis yang berada di sekitar Danau Toba didampingi oleh Luhut. Wang Yi diketahui mempunyai hobi hiking.

Kunjungan Menlu China ini ke Indonesia merupakan bagian dari safari yang dilakukan Wang Yi ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Wang Yi dijadwalkan melakukan kunjungannya di Indonesia selama dua hari yakni 12-13 Januari 2021.

Baca juga: Bio Farma Siapkan Cold Room Berkapasitas 80 Juta Vaksin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.