Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Proyeksi Kinerja Industri Pengolahan Membaik di Kuartal IV 2020

Kompas.com - 13/01/2021, 21:40 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan kinerja sektor industri pengolahan pada kuartal IV 2020 diperkirakan membaik, walaupun masih dalam fase kontraksi.

Hal itu tecermin dari Prompt Manufacturing Index Bank Indonesia (PMI-BI) sebesar 47,29 persen, meningkat dari 44,91 persen pada kuartal III 2020.

PMI pun membaik jika dibandingkan dengan posisi kuartal II 2020 yang sebesar 28,55 persen.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, perbaikan terjadi pada hampir seluruh komponen pembentuk PMI-BI.

"Terutama volume produksi ditopang oleh penerimaan barang input yang lebih cepat, serta jumlah tenaga kerja," kata Erwin dalam siaran pers, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Kemenperin Telah Terbitkan 18.433 Izin untuk Jaga Produktivitas Industri selama PPKM

Secara sektoral, mayoritas subsektor mencatat perbaikan kinerja pada kuartal IV 2020, terutama subsektor Logam Dasar Besi dan Baja, serta subsektor Pupuk, Kimia dan Barang dari Karet dan subsektor Kertas dan Barang Cetakan yang sudah berada pada fase ekspansi.

Lebih lanjut Erwin menuturkan, kinerja sektor industri pengolahan bakal terus membaik pada kuartal I 2021.

Pada kuartal I ini, industri pengolahan diproyeksi berada dalam fase ekspansi dengan PMI-BI mencapai 51,14 persen.

"Peningkatan PMI-BI didorong oleh komponen volume total pesanan, volume persediaan barang jadi, dan volume produksi yang berada pada fase ekspansi," ungkap Erwin.

Pada periode tersebut beberapa subsektor diprakirakan akan berada pada fase ekspansi, yaitu subsektor Makanan, Minuman dan Tembakau, subsektor Semen dan Barang Galian Non Logam, subsektor Pupuk, Kimia dan Barang dari Karet, dan subsektor Kertas dan Barang Cetakan.

Baca juga: Relaksasi dari BI Ampuh Tekan NPL Kartu Kredit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com