Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Minta Penyelundup Rokok Ilegal Ditindak Tegas

Kompas.com - 18/01/2021, 21:57 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Rokok (Gapero) meminta pelaku penyelundup rokok ilegal ditindak tegas. Sebab, dengab beredarnya rokok ilegal di pasaran dapat merugikan banyak pihak.

Ketua Gapero Surabaya Sulami Bahar berharap pemerintah dapat terus melanjutkan upaya penindakan tegas kepada para pelaku demi masa depan industri rokok nasional.

“Danpak dari rokok ilegal ini merugikan banyak pihak, ada masyarakat yang terancam dengan efek buruk rokok ilegal, serta kami para pelaku industri dan petani yang mengalami ketidakadilan persaingan di pasar,” ujar Sulami dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Bea Cukai Tangkap Mafia Rokok Ilegal, Begini Kronologinya

Sulami berharap tercipta sinergi yang semakin baik dari seluruh jajaran penegak hukum baik Bea Cukai, Polri dan TNI dalam memberantas peredaran rokok ilegal.

“Peredaran rokok ilegal di Indonesia selama ini sudah sangat mengakar, sehingga perlu penanganan yang masif dan sistematis dalam menyelesaikan masalah ini,” kata dia.

Dalam kesempatan ini Sulami juga mengapresiasi langkah Satuan Tugas (Satgas) patroli laut Bea Cukai Wilayah Khusus Kepulauan Riau dan Bea Cukai Tembilahan yang berhasil menggagalkan penyelundupan rokok ilegal di perairan Pulau Buluh, Riau.

Aksi yang sempat melibatkan perlawanan dan kekerasan dari sejumlah oknum pemasok rokok ilegal ini ditaksir dapat merugikan negara sebesar Rp 7,6 miliar apabila berhasil dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com