BRI Buka Opsi "Permak" BRI Agro Jadi Bank Digital

Kompas.com - 21/01/2021, 20:07 WIB
Gedung BRI dok BRIGedung BRI

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki opsi untuk mengubah anak usahanya, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk menjadi bank digital.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, opsi itu terbuka lantaran ukuran BRI Agro bisa dibilang cukup lincah (agile) bila sewaktu-waktu rencana tersebut benar-benar terealisasi.

"Kemungkinan BRI Agro kita ubah bisnis modelnya jadi bank digital. Saya kira kita ada ke arah sana, karena memang BRI Agro menurut saya sizenya cukup agile," kata Sunarso dalam konferensi pers RUPSLB secara virtual, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Akan Holding Bareng PNM dan Pegadaian, Ini Kata Bos BRI

Kendati demikian, Sunarso mengaku masih banyak persiapan yang perlu dipertimbangkan.

Persiapan tersebut, antara lain dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia, serta produk yang ditawarkan.

"Itu harus disiapkan secara matang baik infrastruktur, orangnya, dan produknya, serta target ekosistem yang jadi target market," sebut Sunarso.

Sementara Direktur Keuangan BRI Indra Utoyo menambahkan, bank pelat merah ini selalu menyiapkan belanja modal (capital expenditure) untuk IT setiap tahunnya.

Baca juga: Rombak Direksi, BRI Ganti 4 Direktur

Tahun ini, jumlah belanja modal mencapai Rp 3,5 triliun.

"Sebetulnya (jumlahnya) hampir mirip dengan 2020, yaitu hampir Rp 3,5 triliun. Masih ada modernisasi dari core banking terkait new financial system dan juga modernisasi yang kita lakukan untuk perangkat," jelas Indra.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X