Kalbe Farma Dapat Suntikan Dana Segar Rp 770 Miliar untuk Pembiayaan Uji Klinis

Kompas.com - 28/01/2021, 09:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu anak usahanya PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio) memperoleh suntikan dana dari General Atlantic (GA) sebesar 55 juta dollar AS atau Rp 770 miliar (kurs Rp 14.000 per dollar AS) sebagai modal inti (primary capital) kepada KGBIo.

General Atlantic (GA) merupakan suatu perusahaan financial investor global dari Amerika Serikat yang bergerak pada investasi jangka panjang.

Dana GA nantinya akan digunakan oleh KGBio untuk pembiayaan uji klinik produk-produk biologi, inovasi dan perluasan portfolio produk KGBio serta peningkatan kapasitas fasilitas produksi.

Baca juga: Nestle Berencana Investasi Rp 2,8 Triliun untuk Tambah Pabrik

KGBIo adalah perusahaan joint-venture antara Kalbe dengan Genexine Korea Selatan (perusahaan bioteknologi uji klinik di Korea Selatan). Obat biologi merupakan kategori yang penting dalam pengembangan obat selama 20 tahun terakhir khususnya imun-onkologi yang menjadi fokus KGBio.

KGBio telah meningkatkan kemampuan dalam pengembangan obat (uji klinik) dan produksi serta memanfaatkan kekuatan distribusi dan jaringan Kalbe Grup untuk memperluas portofolio obat biologi di Asia Tenggara.

Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk Irawati Setiady mengatakan, obat Biologi merupakan salah satu pendorong pertumbuhan Kalbe.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KGBio sebagai perusahaan yang berbasis R&D, menyediakan produk biologi dan imunonkologi yang inovatif, serta produk biosimilar yang memberikan solusi terbaik untuk terapi pengobatan.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan General Atlantic, sebagai salah satu perusahaan financial investor global khususnya untuk pengembangan life science,” jelas dia dalam siaran pers, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Sri Mulyani: Pemerintah Gelontorkan Rp 633 Miliar untuk Bayar Vaksin Sinovac

Managing Director dan Head of India & SouthEast Asia di General Atlantic Sandeep Naik berharap, kerja sama ini diharpakan mampu mencapai tujuang menghadirkan produk biologis berkualitas tinggi yang terjangkau ke Asia Tenggara.

“Kami berharap bekerja sama dengan Kalbe Farma dan Genexine bisa memajukan misi ini. Melalui momentum kerjasama ini, kami yakin KGBio berada pada posisi yang tepat untuk menjadi perusahan produk biologi terkemuka di kawasan Asia-Pasifik seiring dengan perkembangan Perusahaan,” lanjut Sandeep.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X