KILAS

250 Hektar Sawah di Kawasan Food Estate Pulang Pisau Siap Panen Raya

Kompas.com - 31/01/2021, 16:48 WIB
Kelompok Petani di Kawasan Food Estate Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) sedang memanem padi.
Dok. Humas KementanKelompok Petani di Kawasan Food Estate Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) sedang memanem padi.

KOMPAS.com – Kepala Badalai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Syamsuddin mengatakan, Pengembangan food estate di kawasan Center of Excellent Pulang Pisau, Kalteng, menunjukan hasil positif.

“Saat ini, Kami sedang mempersiapkan panen raya yang direncanakan pada Minggu pertama Februari, sekitar 200 sampai 250 hektar (ha),” kata Syamsuddin melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (31/1/2021).

Lebih lanjut, Syamsuddin menegaskan, pihaknya pun sudah melihat kondisi lahan dan pertanaman, sehingga memang benar-benar siap dilakukan dalam waktu dekat.

Mengenai hasil panen, Syamsuddin menyampaikkan, produktivitas yang diperoleh sangat beragam. Namun, pada prinispnya, produksi yang dihasilkan sekitar 4-6 ton per ha.

“Semua itu berdasarkan pengakuan riil para petani yang telah melakukan panen maupun dari wujud tanaman di lapangan,” ungkapnya.

Baca juga: Kementan Pastikan Stok dan Distribusi Pupuk Bersubsidi Aman

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti hasil panen padi milik Taufik yang berasal dari Poktan Karya Makmur, Desa Belanti Siam, cotohnya.

Dilaporkan, Taufik memperoleh peningkatan hasil signifikan setelah menanam padi inpari 42. Bahkan, ia bisa menghasilkan 6,4 ton padi per ha dan siap dijadikan benih kembali.

Sama halnya dengan lahan padi milik Wasis Daryanto dari Kelompok Tani Rukun Santoso di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau.

Ia menuturkan, berkat program food estate, dirinya berhasil meningkatkan produktivitas panen. Saat ini, lahannya telah panen di blok Rey 6 dan menghasilkan 5,6 ton padi per ha.

Namun, keberhasilan tersebut bukan tanpa kendala. Syamsudin bercerita, munculnya angin kencang di kawasan Pulang Pisau menyebabkan banyak tanaman roboh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.