Catat! Ini 4 Tips Atasi Krisis dan Kerugian di Awal Bisnis Online

Kompas.com - 23/02/2021, 10:42 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi yang melanda dunia sejak tahun 2020 lalu, membuat semua pembisnis dipaksa memutar otak untuk bisa terus terkoneksi dengan para konsumennya.

Tentu saja, satu-satunya cara adalah dengan memanfaatkan teknologi digital dan media sosial.

Hal ini akan berbeda jika beberapa bisnis tidak dapat beradaptasi dengan era digital, maka akan segera punah. Hal ini dikarenakan perilaku konsumen sudah berubah, dan lebih memilih belanja lewat smartphone-nya.

Perencana Keuangan Finansialku, Juan Mahir Muhammad, CFP®, mengatakan, pada 2021 ini bisnis yang berbasis online akan terus berkembang dan sangat menjanjikan. Bahkan diprediksi akan bermunculan inovasi-inovasi baru yang dibutuhkan orang banyak.

“Keuntungan dari memulai bisnis online adalah modal yang relatif murah, dan juga sudah banyak sistem-sistem online yang terintegrasi, sehingga memudahkan pembisnis dan juga costumer,” jelasnya.

Baca juga: Ini Bisnis Online yang Sedang Tren Saat Pandemi

Namun, tentu saja dalam bisnis online, terdapat risiko manajemen berupa krisis dan kerugian di awal bisnis.

Sebagai pembisnis online pemula, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti berikut ini.

1. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Cara pertama agar bisnis kamu bisa berjalan mulus dan mudah berkembang adalah dengan melakukan metode ini.

Juan berkata, metode ini sangat ampuh jika kamu belum memiliki pengalaman atau sumber modal yang bisa membantu bisnis online kamu berkembang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X