[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Hidup Baru di Kampus Baru | Pelajaran Berdebat | Sisi Positif Pendidikan Kita

Kompas.com - 25/02/2021, 17:24 WIB
Teara, adik dan kawannya mengikuti kuliah daring di tepi jalan karena sulit sinyal internet, di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. KOMPAS.COM/IKA FITRIANATeara, adik dan kawannya mengikuti kuliah daring di tepi jalan karena sulit sinyal internet, di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

KOMPASIANA---Kini pelaksanaan kuliah masih dilakukan secara daring. Lantas, bagaimana siswa-siswa yang ingin kuliah pada tahun ini mesti mempersiapkna diri?

Hal-hal yang semula dibayangkan akan bertemu dengan Kakak Kelas di Kampus, misalnya, mungkin minim terjadi.

Akan tetapi adakah hal lain yang bisa dicemaskan oleh mahasiswa baru nantinya? Sebagai contoh, nantinya keaktifan mahasiswa dalam proses belajar mengajar berkurang hingga hilangnya waktu produktivitas di kampus.

Namun, ada yang mahasiswa baru ingat: kecemasan yang dipikirkan mesti diolah dan menjadikannya sebagai tantangan baru yang membangun.

Selain konten terkait kecemasan mahasiswa baru tadi, masih ada konten terpopuler dan menarik lainnya pada sub-kategori Edukasi di Kompasiana.

1. Kampus Baru, Hidup Baru, Menuju Kebaruan di Rumah Belajar

Pada satu kesempatan Kompasianer Mahir Martin mengikuti diskusi terkait Educharacter. Untuk yang belum familiar dengan itu, Educharacter adalah divisi pendidikan karakter di bawah .

Eduversal Indonesia ini sebuah konsultan pendidikan yang memiliki visi dan misi mengembangkan pendidikan di Indonesia dengan memadukan akal dan kalbu menjadi satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan.

Namun, pada kesempatan itu Kompasianer Mahir Martin mendapat kutipan menarik dari mahasiswa peserta diskusi Educharacter.

"Manusia secara fitrah menyukai keteraturan, ketika sudah sangat bebas, maka manusia akan mencari aturan," tulisnya, mengingat apa yang dikatakan mahasiswa tersebut pada Kompasianer Mahir Martin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X