Pemerintah Impor Gula dan Daging Sapi untuk Kebutuhan Selama Ramadhan

Kompas.com - 25/02/2021, 21:31 WIB
Ilustrasi gula ShuterstockIlustrasi gula

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan pangan di masa Ramadhan dan Lebaran. Ia pun memastikan keamanan pasokan komoditas pangan pokok.

Menurut Lutfi, untuk memenuhi kebutuhan pangan tersebut pihaknya telah memberikan sejumlah izin impor mulai dari komoditas gula hingga daging sapi dan kerbau.

"Saya sudah perintahkan untuk impor-impor. Gula sudah impor, daging sapi dan daging kerbau sudah impor. Komoditas penting seperti beras pun sudah dipastikan (pasokannya)," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Bidik Ekspor Mobil ke Australia, Mendag Rayu Produsen Jepang

Kendati demikian, ia enggan merinci lebih lanjut terkait besaran jumlah, harga, serta waktu kedatangan produk impor tersebut ke dalam negeri.

"(Terkait data) itu ada di kantong saya, tidak bisa dikatakan karena itu sensitif. Tapi saya yakin akan melampaui Lebaran dengan baik," imbuh dia.

Lutfi mengatakan, urusan kebutuhan di masa Ramadhan dan Lebaran telah dipersiapkannya bahkan sejak sehari setelah dirinya dilantik menjadi Menteri Perdagangan pada Desember 2020 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Termasuk soal memproses impor komoditas pangan. Oleh sebab itu, ia berharap dengan adanya pasokan dari impor maka harga pangan selama bulan suci bisa terkendali.

"Jadi sudah saya laksanakan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Bahkan saya sudah telpon itu institusi-institusi (para importir) buat pastikan kapan barangnya sampai, jadi bukan dia tapi saya yang tanya. Karena saya ingin memastikan arus barang dan tata kelola Kemendag diperbaiki secara transparan," pungkas Lutfi.

Baca juga: Respons BCA Soal Salah Transfer Rp 51 Juta yang Berujung Jeruji Besi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.