Optimistis Bioskop Bangkit, Sandiaga Uno: Bisa 100 Juta Penonton pada 2025

Kompas.com - 04/03/2021, 14:47 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Jumat (22/1/2021) kemarin melakukan kunjunga kerja di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Sandiaga Uno mengatakan ada dua hal yang ingin ia dapatkan dari kunjungan ini. Dimana yang pertama memastikan kesiapan prokes yang ketat dan disiplin sehingga ekonomi kembali menggeliat, terutama sektor pariwisata. HUMAS Menteri Pariwisata dan Ekonomi KreatifMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Jumat (22/1/2021) kemarin melakukan kunjunga kerja di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Sandiaga Uno mengatakan ada dua hal yang ingin ia dapatkan dari kunjungan ini. Dimana yang pertama memastikan kesiapan prokes yang ketat dan disiplin sehingga ekonomi kembali menggeliat, terutama sektor pariwisata.


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis dunia perfilman Indonesia segera bangkit.

Hal ini disampaikan ketika berdiskusi dengan Komunitas Bisnis Film Bioskop Indonesia.

Sandiaga mengaku mencari solusi dan terus berkolaborasi menghadapi pandemi untuk menyelamatkan lapangan kerja di sektor ini.

“Pandemi membuat seluruh bioskop Tanah Air terpaksa harus ditutup pada Maret 2020. Tetapi, pasca dibukanya kembali per 23 Februari 2021, film Indonesia berhasil menarik 390.000 penonton di bioskop,” ujar Sandiaga dalam keterangan foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Kamis (4/3/2021).

Ia mengakui, kondisi saat ini belum sepenuhnya pulih. Meski begitu, ia optimistis bahwa angka ini akan terus bergerak naik.

“Bahkan saya optimistis jumlah penonton film Indonesia akan bangkit lebih baik lagi, dan bisa tembus angka 100 juta di 2025 baik offline maupun online,” tandasnya.

Jika sudah begitu, menurutnya, film Indonesia akan semakin menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hal ini berdampak pada peluang membuka semakin banyak lapangan kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apalagi dengan banyaknya kanal distribusi film, ini tentunya melahirkan peluang baru. Layanan streaming akan menjadi substitusi sementara yang nantinya kita harapkan masyarakat segera kembali ke bioskop,” urainya.

Ia menegaskan, Kemenparekraf all out mendukung kebangkitan film dan bioskop.

Baca juga: Ini Kunci agar UMKM Dapat Mendunia Versi Sandiaga Uno

Ia menekankan pentingnya mendukung perjuangan keringanan pajak hiburan, salah satunya melalui bantuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.