Kala Luhut Bertitah Tangani Pelabuhan Mangkrak di Pantai Selatan DIY

Kompas.com - 13/03/2021, 09:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan bersama sejumlah menteri, yakni Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono dan Menhub Budi Karya Sumadi, serta sejumlah pejabat di kementerian terkait. Tampak pula Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Mereka meninjau pelabuhan Tanjung Adikarto yang tidak juga beroperasi sejak dibangun pada 2004. KOMPAS.COM/DANI JULIUSMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan bersama sejumlah menteri, yakni Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono dan Menhub Budi Karya Sumadi, serta sejumlah pejabat di kementerian terkait. Tampak pula Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Mereka meninjau pelabuhan Tanjung Adikarto yang tidak juga beroperasi sejak dibangun pada 2004.


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan turun tangan langsung terkait proyek Pelabuhan Perikanan (PP) Tanjung Adikarto di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelabuhan tersebut dibangun sejak 2004 silam, dan telah rampung pada 2014. Sejak dinyatakan selesai, pelabuhan ini tak pernah difungsikan, alias mangkrak.

Kini, Luhut sudah bertitah untuk menyelesaikan persoalan di kawasan tersebut. Demikian ditegaskan Luhut ketika melakukan kunjungan ke breakwater pantai PP Tanjung Adikarto, Jumat (12/3/2021).

"Penyelesaian masalah di kawasan Pelabuhan Adikarto harus terintegrasi dengan penanganan di kawasan Bandara Internasional Yogyakarta dan kawasan di sekitarnya,” kata Luhut dalam keterangan resminya, dikutip pada Sabtu (13/3/2021).

Kunjungan Luhut sendiri merupakan tindak lanjut rapat koordinasi Menko Marves dengan Gubernur DIY pada Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Luhut Bareng Sandiaga dan Nadiem Tinjau Proyek Besar Jokowi di Borobudur

Pada rapat koordinasi yang dikomandoi oleh Luhut itu, Kemenko Marves dan Pemerintah Provinsi DIY pun sudah sepakat untuk mengintegrasikan perencanaan pantai selatan dengan penataan kawasan di sekitar, yakni PP Tanjung Adikarto, kawasan strategis Yogyakarta International Airport (YIA), dan kawasan Pantai Selatan DIY.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

DIY sendiri memiliki pantai Samudera Indonesia atau Samudera Hindia sepanjang kurang lebih 110 kilometer dengan potensi sumber daya perikanan yang besar. Sayangnya, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Oleh karena itu, dibuatlah kawasan pantai Pelabuhan Perikanan (PP) Tanjung Adikarto seluas 16,5 hektar di Pantai Glagah yang lokasinya mudah diakses dan daerah pengaruhnya (hinterland) baik.

Dalam kunjungan kali ini, Luhut didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, dan Bupati Kulon Progo Sutejo.

Baca juga: Pesan Luhut ke Anies soal 3 Problem Jakarta: Lepaskan Ego Sektoral

Kini, semua pihak sepakat menuntaskan persoalan di kawasan tersebut. Salah satu permasalahan berkaitan dengan terjadinya sedimentasi di garis pantai sepanjang 247 meter yang terletak di muara Sungai Serang, Pantai Selatan DIY.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.