Tolak Holding Ultra Mikro, Pegawai Pegadaian Surati Jokowi

Kompas.com - 18/03/2021, 19:39 WIB
Kantor pusat PT Pegadaian (Persero) Kantor pusat PT Pegadaian (Persero)Kantor pusat PT Pegadaian (Persero)

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pegawai PT Pegadaian (Persero) melayangkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berisikan penolakan terhadap rencana pembentukan holding ultra mikro.

Holding ini rencananya akan menggabungkan PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Pesero) atau PNM, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Nantinya BRI akan menjadi induk membawahi Pegadaian dan PNM.

Menurut Ketua Umum Serikat Pekerja Pegadaian Ketut Suhardiono, rencana holdingisasi tersebut lebih mengutamakan kepentingan pemerintah ketimbang kepentingan masyarakat khususnya rakyat kecil.

"Rencana akusisi dapat mengancam keberadaan Pegadaian, melihat fungsi sosial, sistem kerja dan manfaat bagi wong cilik yang sangat spesifik dibandingkan dengan BUMN lain, khususnya perbankan," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Bentuk Holding Ultra Mikro, Erick Thohir Mengaku Didukung OJK hingga KSSK

Ketut mengatakan, surat terbuka kepada Jokowi merupakan kelanjutan dari aksi penolakan karyawan dan pekerja Pegadaian di seluruh Indonesia terkait holdingisasi Pegadaian, PNM, dan BRI.

Berikut isi surat terbuka yang ditujukan pegawai Pegadaian kepada Jokowi:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Kepada Yth

Bapak Joko Widodo

Presiden Republik Indonesia

Di Jakarta

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.