Bulog Impor 22.000 Ton Daging Kerbau dari India, Datang Maret Ini

Kompas.com - 23/03/2021, 05:09 WIB
Ilustrasi:  Bulog datangkan daging kerbau dari India SHUTTERSTOCK/CREATIVA IMAGESIlustrasi: Bulog datangkan daging kerbau dari India

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 22.000 ton daging kerbau asal India akan masuk ke Indonesia Maret 2021 ini. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kontrak pengadaan daging asal India oleh Perum Bulog untuk periode Maret hingga Juni 2021.

"Saya belum update untuk kedatangannya, tetapi diperkirakan Maret ini," ujar Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaluddin Iqbal seperti dikutip dari Kontan, Senin (22/3/2021).

Awaluddin mengatakan, daging kerbau asal India ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hingga Juni.

Baca juga: Bulog Dapat Jatah Impor 80.000 Ton Daging Kerbau pada 2021

Dengan adanya daging kerbau asal India ini sebut dia, diharapkan pasokan daging selama puasa dan Lebaran aman.

Adapun, sepanjang tahun ini Bulog mendapatkan kuota impor daging kerbau asal India sebanyak 80.000 ton.

Keputusan impor itu merupakan penugasan pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan. Nantinya, realisasi impor pun akan dilakukan secara bertahap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Ketua Komite Tetap Industri Peternakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Yudi Guntara Noor meminta pemerintah untuk memastikan kapan pemasukan daging impor dilakukan.

Baca juga: India Lockdown, Impor Daging Kerbau Terhambat

Hal tersebut untuk menjamin ketersediaan pasokan dan harga daging sapi saat puasa dan Lebaran tahun ini.

"Ini juga menjadi dilematis pada saat tidak ada kepastian. Pemerintah harus secepatnya selesaikan ini, kepastian kapan masuk. Jadi harus sinkron. Kami misalnya di industri feedlot karena keterbatasan impor, kami memobilisasi sapi lokal meskipun terbatas jumlahnya. Tapi saat yang sama BUMN yang memiliki hak eksklusif untuk datangkan daging itu harus juga tepat waktu dan komit untuk mendatangkan " ujar Yudi. (Lidya Yuniartha)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bulog akan datangkan 22.000 ton daging kerbau asal India pada Maret 2021
https://industri.kontan.co.id/news/bulog-akan-datangkan-22000-ton-daging-kerbau-asal-india-pada-maret-2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.