E-COMMERCE

Belajar dari Kesuksesan Pemilik Toko Produk Lokal Kualitas Global yang Ada di e-Commerce

Kompas.com - 05/04/2021, 21:00 WIB
Salah satu penjual berstatus Star Seller di platform Shopee, Annisa Aulia Akbar. Dok Shopee IndonesiaSalah satu penjual berstatus Star Seller di platform Shopee, Annisa Aulia Akbar.
|


KOMPAS.com – Pada era digital seperti sekarang ini, berjualan bukanlah hal sulit. Terlebih, Anda tak lagi memerlukan toko untuk menggelar barang dagangan. Cukup memiliki ponsel, paket data, dan barang yang ingin dijual, Anda sudah bisa menjalankan usaha. Caranya dengan memanfaatkan platform e-commerce sebagai pengganti lapak berjualan.

Meski demikian, bukan berarti usaha yang dijalankan lantas berjalan lancar. Agar usaha berkembang dan barang dagangan laku di pasaran, Anda memerlukan strategi.

Hal itu yang dilakukan oleh tiga seller yang berjualan pada platform e-commerce Shopee. Meski barang dagangan yang mereka pasarkan merupakan produk lokal, kualitasnya bisa diadu. Bahkan, mereka juga siap go global.

Nah, untuk mengenyam kesuksesan, ketiganya punya tujuan dan rencana dalam menjalankan strategi bisnisnya. Kisah sukses dan strategi di balik usahanya, bisa dilihat dari ulasan berikut.

Baca juga: Shopee Catat ada 50.000 Produk UMKM yang Terjual ke Luar Negeri Tiap Hari

1. Manamiproject.id

Manamiprojects.id memasarkan produk dekorasi rumah pada platform Shopee sejak Februari 2020. Meskipun usia bisnisnya belum terlalu lama, mereka berhasil menjual ribuan produk. Hal ini bisa dilihat lewat produk terjual yang tertera pada akun toko Manamiproject di e-commerce tersebut.

Dilansir dari tulisan yang diunggah lewat laman Inspirasi Shopee, Rabu (13/1/2021), owner manamiproject.id Annisa Aulia Akbar buka-bukaan mengenai strateginya menggaet hati para pembeli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya melihat banyak teman-teman yang baru menikah dan punya rumah sering posting dekorasi rumah mereka. Ini yang kami lihat menjadi peluang bisnis,” ujarnya.

Lantas, ia mulai menjual produk-produk dekorasi rumah, mulai dari candle holder, placemat, karpet, bunga kering, hingga wall hanging.

Saat menjalankan bisnis, Annisa juga mengajak suaminya untuk ikut terjun memproduksi candle holder. Saat ini, produk itu menjadi andalan Manamiproject.id.

Baca juga: Indonesia Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital hingga 2023

Mengenai strategi pemasarannya, Annisa mengaku ikut program Bimbel Shopee, yaitu online workshop bagi usaha kecil mengengah (UKM) Indonesia yang ingin meningkatkan penjualan di Shopee. Ilmu dari workshop itu yang kemudian ia aplikasikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.