Ramadhan Ini BEI Luncurkan Indeks Saham Syariah BUMN

Kompas.com - 08/04/2021, 05:41 WIB
Ilustrasi BEI, pasar modal adalah, pengertian pasar modal, fungsi pasar modal, apa itu pasar modal KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi BEI, pasar modal adalah, pengertian pasar modal, fungsi pasar modal, apa itu pasar modal

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat akan meluncurkan indeks baru berbasis syariah, yakni IDX MES BUMN 17.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, indeks terbaru ini nantinya akan diluncurkan pada saat Bulan Ramadhan tahun ini.

"Kita rencanakan diluncurkan pada 17 ramadhan atau bertepatan dengan 29 April yang akan datang itu adalah indeks IDX MES BUMN 17," katanya secara virtual dalam edukasi wartawan BEI, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Debut Perdana, BSI Masuk Top 10 Saham Syariah dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar

Indeks terbaru tersebut konstituennya terdapat 17 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah diselektif oleh BEI dan tercatat di pasar bursa. Mulai dari sisi market sales, likuiditas maupun pengawasan.

"Di samping terseleksi juga dari sisi pengawasan. Berarti tidak ada catatan kewajaran transaksinya. Juga tidak ada catatan isu fundamental performancenya," ujarnya.

Lebih lanjut kata Hasan, BEI berencana untuk menerbitkan indeks saham syariah yang bertemakan environment, social, and good governance (ESG). Namun, indeks tersebut tidak akan diluncurkan tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ESG syariah ini akan menjadi alternatif para investor untuk berinvestasi berbasis saham syariah.

Peta jalan atau road map wacana ESG syariah tersebut dipastikan tidak jauh berbeda dengan indeks-indeks keseluruhan yang ada saat ini. Karena terdapat sisi penjualan marketnya, dapat diisi tematik saham, serta rasio kinerja saham.

Baca juga: BEI Nilai Saham Syariah Cukup Tangguh di Tengah Pandemi Covid-19

Selama masih dirancang ESG berbasis syariah tersebut, masih menggunakan ESG Leaders Index yang ditelah diluncurkan akhir tahun lalu.

"Kita ingin memberi waktu ke indeks baru, ESG Leaders Index yang terbit akhir tahun lalu. Nanti kita ingin ada ESG Syariah Leaders Index juga untuk melengkapi pilihan investasi alternatif berbasis saham syariah," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X