Profil Mohamed Bin Zayed yang Dijadikan Nama Jalan Tol Layang Cikampek

Kompas.com - 12/04/2021, 13:06 WIB
Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan tengah berbincang dengan Putera Mahkota Abu Dhabi, Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ), di Uni Emirat Arab, Minggu (12/1/2020) Humas Kemenko Maritim dan InvestasiMenko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan tengah berbincang dengan Putera Mahkota Abu Dhabi, Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ), di Uni Emirat Arab, Minggu (12/1/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated atau Tol Layang Jakarta-Cikampek kini resmi resmi berganti nama menjadi Jalan Tol MBZ.

MBZ sendiri merupakan akronim dari Sheikh Mohamed Bin Zayed yang merupakan Putra Mahkota Abu Dhabi. Ia juga tercatat sebagai Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata.

Pergantian nama ini merupakan salah satu upaya diplomasi antara Indonesia dan Uni Emirate Arab (UEA). Kedua negara sudah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1976.

Lalu siapa Mohamed Bin Zayed sampai namanya dijadikan jalan bebas hambatan di Indonesia?

Baca juga: Deretan 7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Dikutip dari laman resmi kerajaan Crown Prince Court (CPC), Senin (12/4/2021), MBZ adalah putra dari Zayed bin Sultan Al Nahyan yang merupakan orang paling berkuasa di Abu Dhabi selama lebih dari 30 tahun.

Abu Dhabi sendiri merupakan satu dari tujuh emirat yang membentuk federasi Uni Emirat Arab atau UEA. Selain Abu Dhabi, anggota federasi lain dalam UEA adalah Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam konfederasi pembentuk UEA, Abu Dhabi merupakan federasi paling kaya dan populasi terpadat di urutan kedua setelah Dubai. Ibu kota UEA juga saat ini bertempat di Abu Dhabi.

Pemerintah Abu Dhabi mengendalikan investasi triliunan dollar AS di perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia lewat Abu Dhabi Investment Authority.

Baca juga: 7 Kota di Indonesia yang Dibangun Penjajah Belanda dari Nol

Sumber uang yang diputar untuk investasi tersebut berasal dari pendapatan minyak dan gas. Abu Dhabi Investment Authority bahkan mencatatkan diri sebagai lembaga investasi terbesar ketiga dunia.

Profil Mohamed Bin Zayed

Kembali soal Mohamed Bin Zayed, ia merupakan penerus tahta yang berada di urutan pertama sebagai penguasa Abu Dhabi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.