Ini Jadwal dan Lokasi Tukar Uang Baru, Tetap Buka Meski Mudik Dilarang

Kompas.com - 14/04/2021, 19:59 WIB
Petugas melayani warga transaksi penukaran uang baru pecahan Rp 75.000 saat penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia di Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI), Tegal, Jawa Tengah, Selasa (18/8/2020). Kpw BI Kota Tegal menyediakan sebanyak 1,3 juta lembar uang baru pecahan Rp 75.000 untuk ditukarkan warga dengan syarat daftar online dan menunjukkan KTP elektronik. ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAHPetugas melayani warga transaksi penukaran uang baru pecahan Rp 75.000 saat penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia di Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI), Tegal, Jawa Tengah, Selasa (18/8/2020). Kpw BI Kota Tegal menyediakan sebanyak 1,3 juta lembar uang baru pecahan Rp 75.000 untuk ditukarkan warga dengan syarat daftar online dan menunjukkan KTP elektronik.


JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) memastikan layanan penukaran uang baru tetap dibuka meski pemerintah melarang mudik Lebaran tahun 2021 ini.

Kepastian ini sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat yang banyak muncul menjelang Lebaran mengenai jadwal penukaran uang di Bank Indonesia.

Pasalnya, setiap Lebaran tiba masyarakat kerap menyiapkan uang dengan pecahan tertentu untuk dibagi-bagikan ke sanak keluarga. Karena itulah akhirnya kerap muncul pertanyaan tukar uang kecil dimana.

Baca juga: Layanan Penukaran Uang Untuk Lebaran Sudah Dibuka di 4.068 Kantor Bank

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, BI menegaskan, penukaran uang baru di Bank Indonesia sudah bisa dilakukan hari ini.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, layanan itu telah dibuka sejak 12 April kemarin, dan akan terus dilakukan hingga 11 Mei 2021.

"Itu sudah kita buka penukaran uang termasuk di perbankan. Walaupun kalau kita lihat secara historical H-2 minggu sebelum pelaksanaan Lebaran penukaran banyak dilakukan masyarakat khususnya di perbankan," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Lokasi tukar uang baru untuk Lebaran 2021

Lebih lanjut, Marlison Hakim menjelaskan, sama dengan seperti tahun lalu, layanan penukaran uang di BI tidak bisa dilakukan secara individual atau ritel, tetapi bisa dilakukan secara wholesale atau berkelompok.

Dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19 terkini serta aspek kesehatan masyarakat, layanan penukaran uang rupiah pada periode Ramadhan/Idul Fitri 1442 Hijriah dilakukan melalui kantor bank yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ini Uang Koin Termahal, Kepingan Rp 850.000 Gambar Pak Harto

Dalam keterangan resminya, BI telah bersinergi dengan bank dalam menambah outlet layanan penukaran menjadi 4.608 jaringan kantor bank pada tahun 2021.

Angka tersebut meningkat sekitar 23 persen dibanding tahun lalu, yakni sebesar 3.742 kantor cabang atau outlet bank umum.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X