Jelang Penetapan Suku Bunga BI, IHSG Parkir di Zona Merah, Rupiah Menguat

Kompas.com - 20/04/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (20/4/2021) pagi masih betah di zona merah.

Dikutip dari RTI, pada pukul 09.13 WIB, indeks saham melemah 0,33 persen atau 20 poin ke level 6.032, 51 dari penutupan sebelumnya yang berada di 6.052,54.

Saat ini, nilai total transaksi yang diperdagangkan sebesar Rp 1.049 triliun dari 2,03 miliar lembar saham yang diperjualbelikan.

Baca juga: IHSG Diprediksi Masih Betah di Zona Merah, Berikut Rekomendasi Sahamnya

Adapun saham yang menguat sebanyak 159, melemah 162, dan 203 saham yang tidak berubah alias stagnan.

Sebelumnya, secara teknikal para analis telah memprediksi bahwa IHSG hari ini akan bergerak terkoreksi atau lanjutkan pelemahan.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal, indikator stochastic bergerak membentuk deadcross mengindikasikan potensi pelemahan.

Selain itu, para investor akan cenderung wait and see menantikan penetapan suku bunga yang akan diumumkan oleh Bank of China dan Bank Indonesia (BI).

Ia memperkirakan IHSG akan bergerak kisaran level resistance 6.088 hingga 6.124 dan support di level 6.023-5.994.

Baca juga: THR PNS Dibayar Full H-10 Idul Fitri, Swasta Paling Lambat H-7

Begitu pula dengan Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama yang memprediksi indeks saham di pasar bursa akan kembali terkoreksi.

Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance akan berada pada level 6.027,60 hingga 6.081,11.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X