Kompas.com - 21/04/2021, 05:04 WIB
Logo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo perusahaan teknologi penyedia aplikasi layanan on-demand Grab.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan afiliasi Grab yaitu H Holdings Inc. telah resmi mengambil bagian atas saham baru yang diterbitkan oleh PT Mahkota Elang Teknologi Tbk (EMTK) melalui penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Private placement tersebut dilaksanakan pada 31 Maret 2021 yang lalu.

“Kepemilikan saham H Holding Inc. di Emtek adalah sebesar 4,6 persen dari saham yang diterbitkan oleh Emtek,” ujar Corporate Communication Head Emtek Beverly Gunawan seperti dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (20/4/2021).

Dalam keterbukaan informasi, Sekretaris Perusahaan EMTK Titi Maria Rusli mengatakan, latar belakang Grab melakukan transaksi tersebut karena Grab dan perusahaan ini banyak berinvestasi dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Baca juga: Co-CEO Gojek Bakal Jadi Bos Perusahaan Hasil Merger dengan Tokopedia?

“Emtek dan Grab juga telah beberapa kali berdiskusi untuk mengembangkan peluang bisnis baru. Ketika Emtek memutuskan untuk melakukan penerbitan saham guna mendapatkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnisnya di sektor digital, media, dan layanan kesehatan, Grab menyatakan minatnya untuk berpartisipasi,” sebut Titi dalam keterbukaan informasi, Senin (19/4/2021).

Dia mengharapkan Grab dan EMTK dapat menciptakan peluang untuk berinvestasi pada bisnis yang ada saat ini serta bisnis baru yang bersinggungan dengan kepentingan Emtek dan Grab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Titi menambahkan dalam beberapa tahun terakhir, EMTK telah mengembangkan bisnisnya di bidang pelayanan kesehatan dan ekonomi digital.

Baru-baru ini Elang Mahkota Teknologi juga telah melaksanakan penambahan modal (PMTHMETD) untuk memperkuat permodalan dalam mengembangkan bisnisnya terutama di bidang-bidang tersebut.

Baca juga: Grab Caplok 4 Persen Saham Emtek, OVO dan DANA Bakal Merger?

Sebelumnya, EMTK telah mengakuisisi saham pengendali di PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME).

“Emtek juga memiliki ketertarikan terhadap penerbitan digital, platform streaming video, pembayaran uang elektronik, dan e-commerce. Berbagai bisnis digital tersebut masih berkembang dan membutuhkan modal selama beberapa tahun ke depan untuk pengembangan dan pertumbuhannya,” sebut Titi.

Mengingat EMTK memiliki beberapa investasi strategis di ekosistem digital, pihaknya yakin akan ada peluang baru dalam ekonomi digital yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan modal yang dihimpun melalui PMTHMETD. (Ika Puspitasari)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Grab jadi investor EMTK, begini rencana pengembangan bisnisnya ke depan



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.