Menteri Bahlil Bakal Bawa 3 Investasi Baru ke RI Tahun Ini

Kompas.com - 28/04/2021, 19:53 WIB
Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIKepala BKPM, Bahlil Lahadalia usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia berjanji akan membawa tiga investasi baru ke Indonesia tahun ini.

Kendati demikian, dia belum mau menyebutkan nama perusahaan dan industri di bidang apa tiga investasi baru tersebut.

Bahlil menyatakan, akan segera mengumumkan bila semuanya sudah jelas.

Baca juga: Naik Jadi Menteri Investasi, Ini PR Bahlil dari Presiden Jokowi

"Tapi yakinlah bahwa tahun ini ada 2-3 barang baru yang saya akan sampaikan pada waktunya," kata Bahlil dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (28/4/2021).

Bahlil menuturkan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan investor kakap, salah satunya pabrikan mobil listrik asal AS, Tesla.

Dia diminta Presiden Joko Widodo untuk merealisasikan investasi Rp 900 triliun tahun ini, dengan menggandeng investor besar hingga kecil tanpa pilih-pilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita lagi ada fokus untuk melakukan komunikasi dengan Tesla, termasuk beberapa perusahaan lain yang mohon maaf tidak bisa disebutkan di sini, karena BKPM selalu melakukan tindakan, baru kita ngomong. Kalau baru 30 persen, mohon maaf karena ini menyangkut etika juga, jadi belum bisa saya lakukan (beritahu)," ungkap Bahlil.

Ia menambahkan, kementerian yang baru dibentuk ini fokus melakukan organisasi karena ada perubahan struktur.

Baca juga: Sah, BKPM Kini Menjadi Kementerian Investasi

Dari sisi internal, kementerian diberi waktu hingga 100 hari ke depan untuk pembangunan online single submission (OSS), hingga pengembangan SDM.

"Karena kita bulan Juni atau Juli sudah harus on going," pungkas Bahlil.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi merangkap Kepala BKPM.

Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 72P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Baca juga: Bahlil: Menahan Izin Investasi sama dengan Menahan Pendapatan Negara

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan peraturan Undang-Undang dengan selurus-lurusnya demi darma bhakti saya kepada bangsa dan negara," kata Bahlil saat pengambilan sumpah dan janji sebagai Menteri Investasi dan Kepala BKPM.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.