Kompas.com - 30/04/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI)

JAKARTA, KOMPAS.com- Pekan terakhir di bulan April, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lanjutkan penguatan di awal perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (30/4/2021).

Mengutip dari RTI, pukul 09.15 WIB, indeks saham naik 0,20 persen atau 11,8 poin ke level 6.024,80.

Perolehan nilai total transaksi yang diperdagangkan sementara ini sebesar Rp 1,08 triliun dari 2,3 miliar lembar saham yang diperjualbelikan.

Baca juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan di Akhir April, Ini Saham yang Direkomendasikan

Adapun saham yang menguat sebanyak 178, kemudian 159 saham melemah, dan 190 di posisi stagnan.

Sementara, untuk aksi jual oleh investor asing (net foreign sell) di seluruh pasar perdagangan mencapai Rp 3,14 miliar pagi ini.

Sebelumnya, prediksi IHSG bakal lanjutkan penguatan telah dianalisis oleh beberapa pakar saham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper yang mengatakan, penguatan indeks saham hari ini, secara teknikal indikator stochastic bergerak melebar setelah membentuk golden cross mengindikasikan potensi penguatan.

"Dari dalam negeri masih didorong rilis laporan keuangan dan pembagian dividen oleh beberapa emiten. Selain itu investor akan mencermati data manufaktur dari China. IHSG diprediksi menguat," ujar dia dalam proyeksi tersebut.

Baca juga: Berburu THR dari Dividen, Sejumlah Saham Ini Direkomendasikan Asalkan..

Adanya optimisme penguatan, IHSG bakal bergerak di level kisaran 6.025-6.038 untuk resistance, dan 5.993-5.974 untuk level support.

Prediksi yang sama juga dianalisa oleh Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama yang secara teknikal memperlihatkan MACD dan stochastic telah berhasil membentuk pola golden cross.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.