Pembagian Harta Dimulai, Melinda Gates Masuk Daftar Miliarder Dunia

Kompas.com - 07/05/2021, 13:01 WIB
Sosok Melinda Gates, mantan istri Bill Gates. Bill and Melinda Gates FoundationSosok Melinda Gates, mantan istri Bill Gates.

KOMPAS.com - Pasca-pengumuman mengenai perceraiannya, Bill dan Melinda Gates sudah mulai membagi kekayaan mereka. Hal tersebut membuat Melinda resmi menjadi seorang miliarder.

Melansir Market Watch yang mengutip The Wall Street Journal via Kontan.co.id, di hari Bill Gates mengumumkan bahwa mereka akan bercerai, perusahaan induk Bill Gates, Cascade Investment, mentransfer saham di beberapa perusahaan kepada Melinda Gates yang bernilai hampir 2,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 34,199 triliun (kurs Rp 14.240).

Menurut pengajuan SEC, Melinda Gates sekarang menjadi salah satu pemegang saham terbesar di Coca-Cola pembotolan Coca-Cola Femsa SAB dan Grupo Televisa SA, yang keduanya berbasis di Meksiko.

Baca juga: Selain Bill Gates dan Melinda Gates, Ini Pasangan Miliarder Dunia yang Berujung Bercerai

 

Dia sekarang juga memiliki 14,1 juta saham CNI Canadian National Railway Co dan 2,94 juta saham pemilik dealer mobil AS AutoNation Inc.

Melinda Gates merupakan seorang manajer umum di Microsoft dan telah menjadi penulis serta filantropis sejak menikah. Dia juga telah lama memiliki kekayaannya sendiri yang dijalin ke dalam kekayaan Bill Gates.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bill Gates sendiri tetap menjadi orang terkaya keempat di dunia bahkan setelah melakukan transfer saham, dengan total kekayaan sekitar 130 miliar dollar AS.

Dan Forbes, yang menjalankan daftar miliarder real-time, mencatat bahwa transfer saham telah membuat Melinda Gates menjadi seorang miliarder.

Market Watch juga memberitakan, masih ada lebih banyak aset untuk dibagikan, yang akan diawasi dengan cermat, serupa dengan pemeriksaan seputar perceraian CEO Amazon Jeff Bezos dan MacKenzie Scott.

Bezos mentransfer 25 persen% saham Amazon miliknya, atau 4 persen dari saham perusahaan, kepada Scott sebagai bagian dari penyelesaian perceraian mereka. Itu bernilai sekitar 36,5 miliar dollar AS, yang menjadikan Scott wanita terkaya keempat di dunia pada Indeks Miliarder Bloomberg pada saat itu, dan wanita terkaya ketiga dalam daftar Forbes pada tahun 2019.

Baca juga: Kisah Miliarder Mark Cuban, Disebut Gila Saat Merintis Bisnis Streaming

Melinda Gates tidak mencantumkan perjanjian pranikah dalam pengajuan perceraian, sehingga dia dan suaminya akan membagi aset mereka melalui kontrak perpisahan.

Selain menjalankan Bill and Melinda Gates Foundation, keduanya adalah salah satu pemilik tanah pribadi terbesar di Amerika. Mereka memiliki sekitar 242.000 hektar tanah pertanian, belum lagi rumah besar mereka yang bernilai 170 juta dollar AS di negara bagian Washington.

Tetapi mereka juga telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka melalui Giving Pledge, dan telah mendonasikan lebih dari 36 miliar dollar AS melalui filantropi Bill & Melinda Gates Foundation.

Dengan nada yang sama, Scott telah menyumbangkan miliaran kekayaannya - seperti memberikan 4 miliar dollar AS kepada hampir 400 grup di seluruh AS hanya dalam empat bulan terakhir tahun 2020.

Baca juga: Bill Gates dan Melinda Gates Bercerai, Kekayaan Rp 2.117 Triliun Jadi Pertaruhan

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pembagian harta sudah dimulai, Melinda Gates masuk daftar miliarder dunia



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X