E-COMMERCE

Hasil Riset NeuroSensum Ungkap 4 Kunci Penting Meningkatkan Penjualan Seller di Online Marketplace

Kompas.com - 11/05/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi e-commerce Shopee. Dok. Shutterstock / Sulastri SulatstriIlustrasi e-commerce Shopee.
|

KOMPAS.com – Masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan marketplace dan e-commerce untuk membeli segala kebutuhan di bulan Ramadhan. Hal itu terbukti dari hasil riset NeuroSensum.

Perusahaan riset konsumen berbasis neurosains dan kecerdasan artifisial itu mencatat sekitar 80 persen masyarakat memanfaatkan marketplace dan e-commerce untuk meriset barang-barang yang akan dibeli selama Ramadhan.

Selain itu, sebanyak 69 persen di antaranya bersiap berburu diskon online setelah menerima tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2021.

Associate Director NeuroSensum Grace Oktaviana mengatakan, kebutuhan belanja secara online di masa pandemi Covid-19 juga turut meningkatkan pendapatan seller di sejumlah marketplace.

Bagi penjual online, momen Idul Fitri menjadi peluang besar untuk meraup keuntungan berlipat ganda.

“Tantangannya hadir selepas momen hari raya. Konsumen cenderung mengurangi kebutuhan untuk berbelanja online,” ujar Grace dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan riset kualitatif, NeuroSensum pun mencatat empat hal yang diinginkan oleh para penjual di online marketplace, seperti Shopee, agar lapak jualan mereka tetap ramai selepas Lebaran.

1. Gratis ongkir

Gratis ongkos kirim (kirim) merupakan hal yang paling digemari konsumen sekaligus penjual online. Banyak dari mereka menyatakan bahwa gratis ongkir jadi salah satu fitur yang mampu meningkatkan jumlah pesanan.

Seorang penjual aksesori di Shopee Nanda mengatakan, gratis ongkir sangat berpengaruh terhadap jumlah pesanan. Bahkan, pesanan yang didapat bisa meningkat 100 persen atau dua kali lipat dibandingkan biasanya.

Selain itu, promo tanggal kembar, seperti 5.5 atau 12.12 dan flash sale terbukti secara efektif meningkatkan pesanan atau volume penjualan usaha.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.