Kompas.com - 13/05/2021, 03:03 WIB
Distan Banyuwangi sidak penjual daging sapi di Banyuwangi, Jawa Timur. Humas Pemkab BanyuwangiDistan Banyuwangi sidak penjual daging sapi di Banyuwangi, Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga daging sapi yang dijual di sejumlah pasar di seluruh Indonesia mengalami kenaikan tajam. Sehari jelang Lebaran, harga daging sapi di Jakarta bahkan mencapai Rp 170.000/kg.

Dikutip dari laman Informasi Pangan Jakarta yang dikelola PD Pasar Jaya dan Pemprov DKI Jakarta pada Rabu (12/5/2021), harga daging sapi tertinggi adalah sebesar Rp 170.000.

Harga tersebut merujuk pada harga daging sapi jenis paha belakang yang dijual di Blok III dan Blok IV Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Sementara harga rata-rata di seluruh pasar di DKI Jakarta adalah sebesar Rp 150.227/kg. Harga daging sapi tersebut mengalami lonjakan tajam dibandingkan beberapa hari sebelumnya yang berada di kisaran Rp 110.000-130.000/kg.

Baca juga: Janji Swasembada Daging Sapi 2 Periode Jokowi Ditagih

Merata nasional

Kenaikan harga daging sebenarnya relatif terus berulang setiap tahun saat mendekati hari Lebaran dan terjadi di hampir seluruh pasar di Tanah Air.

Di Medan, Sumatera Utara, harga daging sapi pada H-1 Idul Fitri dijual seharga Rp 140.000/kg karena permintaannya yang meningkat tajam.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Harga daging sapi naik lagi Rp 10.000 dari pekan sebelumnya yang Rp 130.000/kg dan di awal Ramadhan Rp 120.000/kg," ujar pedagang daging di Pasar Inpres Titi Kuning Medan, M Yusup, seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, kenaikan harga tidak membuat penjualan turun karena permintaan tetap tinggi.

Baca juga: Naik Rp 30.000 Per Kg, Harga Daging Sapi di Babel Lewati HET Pemerintah

Salah seorang konsumen, Elvira, menyebutkan hanya daging yang harganya naik, sementara bahan pokok lainnya stabil bahkan cenderung turun seperti cabai merah.

Kepala Kanwil I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Ramli Simanjuntak mengakui, hasil monitoring KPPU Sumut, memang hanya harga daging yang mengalami gejolak harga menjelang Puasa Ramadhan dan Lebaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X