Sejak Tampil di Acara ini, Kekayaan Elon Musk Anjlok Rp 286 Triliun

Kompas.com - 15/05/2021, 06:51 WIB
CEO Tesla & SpaceX, Elon Musk businessinsider.comCEO Tesla & SpaceX, Elon Musk

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekayaan miliarder Elon Musk telah merosot sekitar 20 miliar dollar AS atau setara Rp 286 triliun (asumsi kurs Rp 14.300) dalam kurun sepekan terakhir.

Selama satu pekan terakhir, CEO Tesla itu melontarkan beberapa pernyataan yang membuat saham produsen mobil listrik itu turun cukup dalam.

Dilansir dari Forbes, Sabtu (15/5/2021), saham Tesla yang merupakan sumber pundi-pundi kekayaan Musk, selama hampir sepekan telah turun 15 persen.

Baca juga: Tesla Tak Lagi Terima Bitcoin, Harganya Kian Anjlok Jadi Rp 600 Jutaan

Merosotnya saham Tesla mulai terjadi pada 8 Mei 2021, ketika Musk tampil sebagai pembawa acara di salah satu acara ternama di Amerika Serikat, Saturday Night Live (SNL).

Dalam acara tersebut, Musk yang merupakan orang kaya pertama hadir di SNL, melontarkan sejumlah lelucon berkaitan dengan rencana bisnisnya dan juga aset kripto seperti Bitcoin dan Dogecoin.

Tidak memakan waktu lama, setelah menyampaikan guyonan tentang aset kripto, harga Dogecoin justru merosot 30 persen dalam kurun waktu 24 jam.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 12 Mei 2021, pria kelahiran Afrika Selatan itu menghentikan kebijakan pembayaran unit mobil Tesla dengan menggunakan Bitcoin.

Melalui Twitter, Musk menjelaskan, penggunaan Bitcoin secara masif justru berpotensi meningkatkan konsumsi energi fosil.

Baca juga: Elon Musk hingga Menkeu AS Khawatir dengan Konsumsi Listrik Bitcoin, Mengapa?

Pernyataan tersebut direspons dengan penurunan harga saham Tesla.

Dengan penurunan 15 persen saham Tesla pekan ini telah menghapus miliaran dollar AS kekayaan bersih Elon Musk, yang memiliki 21 persen saham di Tesla.

Meskipun demikian, Musk masih berada di peringkat ketiga orang terkaya dunia, hanya kalah dari Jeff Bezos di peringkat pertama dan Bernard Arnault di peringkat dua.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X