[KURASI KOMPASIANA] Screen Time: Positif atau Negatif untuk Anak? | 4 Kiat Hadapi Kecanduan Gawai pada Anak Usia Dini | Jangan Ada Gawai di Antara Kita

Kompas.com - 15/05/2021, 21:53 WIB
Kecanduan gadget. ShutterstockKecanduan gadget.

KOMPASIANA----Hidup di era digital membuat semua kalangan dari ragam usia tidak dapat lepas dari gawai.

Padahal, penggunaan gawai yang belebihan dapat mengakibatkan kecanduan akut. Tentu berbahaya baik secara fisik maupun juga mental. Apalagi sangat disayangkan jika penggunaan gawai diberikan oleh anak-anak usia dini.

Pasalanya, tidak semua anak dapat menggunakan gadget dengan bijak. Bahkan tak jarang ditemukan anak-anak yang menggunakan gadget hingga memakan waktu berjam-jam.

Oleh karena itu, agar penggunaan gadget pada anak tidak berdampak negatif bagi tumbuh kembang anak, orangtua perlu menerapkan cara agar anak dapat menggunakan gadget sesuai kapasitasnya.

Berikut 3 artikel Gaya Hidup di Kompasiana terkait cara bijak menggunakan gawai agar tidak kecanduan:

1. Screen Time: Positif atau Negatif untuk Anak?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat buah hati rewel, tak sedikit orangtua yang langsung megambil jalan pintas dengan membeirkan anak mereka gdget guna meredakan tangisan mereka.

Sayangnya, beberapa orangtua masih kurang memperhatikan dampak memberikan gadget pada anak sejak dini.

Meski kemajuan media digital memberikan ragam. Namun, penggunaan gadget dalam janga waktu lama dapat membawa dampak buruk.

Lantas, apa yang perlu orangtua lakukan untuk membatasi screen time pada anak?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X