KILAS

Kabel Laut SMPCS Biak-Sorong dan Jayapura Tersambung, Dirut Telkom Sampaikan Hal Ini

Kompas.com - 09/06/2021, 08:42 WIB
Tim Teknisi telah berhasil melakukan proses penyambungan kabel laut SMPCS arah Biak/Sorong dan arah Jayapura di atas Kapal DNEX Pacific Link (DPL). Dengan selesainya proses tersebut, maka sejak 8 Juni 2021 pukul 14.00 WIB, layanan di wilayah Jayapura dan sekitarnya serta seluruh Papua kembali normal seperti sediakala.
DOK. Humas TelkomTim Teknisi telah berhasil melakukan proses penyambungan kabel laut SMPCS arah Biak/Sorong dan arah Jayapura di atas Kapal DNEX Pacific Link (DPL). Dengan selesainya proses tersebut, maka sejak 8 Juni 2021 pukul 14.00 WIB, layanan di wilayah Jayapura dan sekitarnya serta seluruh Papua kembali normal seperti sediakala.

KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ririek Adriansyah menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak yang berperan dalam proses penyambungan kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) dari arah Biak-Sorong dan Jayapura.

“Ucapan terima kasih ini sekaligus kami berikan kepada pelanggan di Jayapura dan sekitarnya karena tetap setia menggunakan layanan TelkomGroup," katanya, dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Rabu (9/6/2021).

Ririek menyatakan, Telkom terus berupaya untuk menyegerakan penyelesaian penyambungan kabel SMPCS sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Tujuannya, agar masyarakat dapat kembali menikmati layanan TelkomGroup dengan nyaman seperti sediakala.

Adapun tujuan tersebut merupakan komitmen Telkom untuk mengakselerasi pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia hingga wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Baca juga: Anggaran Penyediaan Akses Internet di Daerah 3T Capai Rp 17 Triliun Per Tahun

“Kami juga ingin selalu memberikan layanan dengan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan termasuk untuk wilayah Papua," kata Ririek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjelaskan, sebelumnya Telkom telah memberangkatkan kapal atau vessel DPL dan sudah on site di lokasi sejak Senin (31/5/2021). Proses pengerjaan diawali dengan persiapan dan analisis kondisi alam sekitar.

Setelah analisis matang, dilakukan pengangkatan dan penyambungan kabel laut SMPCS dari arah Biak-Sorong dan Jayapura. 

Adapun proses ini meliputi penyambungan kedua sisi dan proses penggelaran dengan melakukan pemindahan rute.

Baca juga: Perbaikan Kabel Bawah Laut Telkom di Papua Terhambat Cuaca Buruk

Pemindahan rute tersebut telah selesai dilakukan pada Selasa (8/6/2021) pukul 14.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Dengan selesainya proses ini, maka layanan di wilayah Jayapura dan seluruh Papua sudah kembali normal baik suara maupun data.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.