Survei: Fitur Paylater Makin Diminati Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 09/06/2021, 15:48 WIB
GoPay Paylater dapat digunakan untuk menambah modal usaha dan mengatur keuangan. DOK. GOPAYGoPay Paylater dapat digunakan untuk menambah modal usaha dan mengatur keuangan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda mendorong kenaikan pembelian melalui e-commerce.

Dalam riset Kredivo dan Katadata Insight Center selama Januari-Desember 2020, sebanyak 55 persen pengguna e-commerce baru memilih metode pembayaran melalui Paylater.

Riset yang dilakukan melalui enam pemain e-commerce terbesar Indonesia menunjukkan, selain untuk membeli kebutuhan mendesak atau berbelanja dengan cicilan pendek, sebanyak 41 persen konsumen memilih fitur paylater untuk mengontrol pengeluaran bulanan.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Daftar Bukalapak Paylater

VP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari mengungkapkan, pandemi telah mengubah banyak hal dalam keseharian, termasuk perilaku saat bertransaksi digital.

Riset yang dilakukan Kredivo bersama Katadata Insight Center tahun ini memperkuat kesimpulan, adopsi e-commerce akan terus meningkat tiap tahunnya.

“Riset pada tahun ini menunjukkan, pandemi berdampak pada akselerasi penggunaan paylater menjadi metode pembayaran pilihan yang cepat, mudah dan aman di e-commerce,” kata Indiana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam riset juga disebutkan, Paylater ke depannya akan semakin diminati sebagai pembayaran pilihan yang cepat, aman, dan nyaman.

Selain itu, Paylater diperkirakan menjadi salah satu pembayaran digital yang tumbuh paling cepat di e-commerce dalam satu tahun terakhir.

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

Mulya Amri selaku Research Director Katadata Insight Center mengatakan, hampir 90 persen konsumen menyadari, paylater merupakan sebuah opsi pembayaran, mereka yang sudah menggunakan paylater sangat puas dan 50 persen di antaranya berencana menggunakan paylater lebih sering daripada sebelumnya.

“Ternyata Paylater sudah cukup popular lebih dari seperempat responden yang mengaku menggunakan Paylater. Persentase paylater juga lebih tinggi dari penggunaan kartu kredit,” ungkap dia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.