Bitcoin Jadi Alat Pembayaran Sah di El Salvador, Apa Keuntungannya?

Kompas.com - 11/06/2021, 05:23 WIB
Ilustrasi bitcoin. PIXABAY/MICHAELWUENSCHIlustrasi bitcoin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah El Salvador telah resmi menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah, setelah rancangan undang-undang (RUU) yang diajukan Presiden Nayib Bukele disetujui oleh kongres.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, keputusan tersebut menjadi capaian tersendiri bagi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu, ataupun teknologi blockchain secara keseluruhan.

“Nantinya, bisa jadi, banyak negara berkembang lainnya yang meniru langkah El Salvador ini,” kata Oscar dalam keterangan tertulis, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Bitcoin Alat Pembayaran Sah El Salvador, Harga Aset Kripto Menguat

Ia menjelaskan, dengan keputusan itu El Salvador akan menyimpan bitcoin hingga senilai 150 juta dollar AS, dalam kepercayaan yang akan menjamin konversi bitcoin ke dollar AS bagi warganya.

Menurut dia, mengadopsi kripto yang berbasis blockchain merupakan solusi bagi negara berkembang untuk mempermudah transaksi dengan memaksimalkan potensi dari digitalisasi.

“Teknologi blockchain memang hadir untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Terutama mengenai masalah finansial. Dengan sifat blockchain yang efisien, transparan dan aman akan mempermudah langkah literasi keuangan tersebut,” tutur Oscar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Oscar menilai langkah tersebut akan semakin meningkatkan efisiensi investasi luar negeri, yang selama ini dilakukan dengan mata uang dollar AS.

“Transaksi antar negara akan dipermudah dengan bitcoin dan altcoin. Ini sudah terbukti semenjak beberapa tahun yang lalu,” kata dia.

Baca juga: Resmi, El Salvador Jadi Negara Pertama yang Gunakan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran

Mengacu kepada data Indodax, pengumuman dari negara kawasan Amerika Latin itu langsung membuat harga Bitcoin bergerak pada posisi support.

Dalam satu hari terakhir, bitcoin meningkat 12 persen menjadi Rp 540 juta.

Selain itu, beberapa hard fork atau turunan bitcoin, seperti bitcoin diamond dan bitcoin gold juga bergerak naik.

“Inovasi ini dan beberapa inovasi lainnya pada Konferensi Miami pekan lalu berdampak kepada peningkatan harga Bitcoin yang terjadi dalam beberapa hari ini," ucap Oscar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.