Lagi, MacKenzie Scott Donasikan Rp 38,91 Triliun Hartanya

Kompas.com - 16/06/2021, 15:18 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Bezos. Foto ini diambil pada 26 Februari 2017 di Hollywood, California, AS. (AFP/Jerod Harris) CEO Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Bezos. Foto ini diambil pada 26 Februari 2017 di Hollywood, California, AS. (AFP/Jerod Harris)
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - Salah satu perempuan terkaya di dunia, MacKenzie Scott, bersama dengan suaminya Dan Jewett mendonasikan hartanya senilai 2,74 miliar dollar AS atau sekitar Rp 38,91 triliun (kurs Rp 14.200).

Dilansir dari CNN, Selasa (16/6/2021), donasi tersebut ditujukan kepada organisasi yang fokus pada kegiatan seni dan perlawanan terhadap diskriminasi rasial.

Untuk diketahui, MacKenzie Scott pada tahun 2019 lalu telah bercerai dari CEO Amazon Jeff Bezos.

Baca juga: Cerai dari Jeff Bezos, MacKenzie Bakal Donasikan Separuh dari Kekayaan

Perceraian tersebut membuat dirinya masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Bezos sendiri saat ini merupakan orang terkaya di dunia dengan total nilai kekayaan mencapai 193,5 miliar dollar AS atau sekitar 2.747,7 triliun.

Adapun saat ini berdasarkan data Forbes, total nilai kekayaan MacKenzie Scott yang berasal dari pembagian saham Amazon berada di kisaran Rp 837,8 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Maret 2019, setelah ia bercerai dari Bezos, Scott bergabung dengan The Giving Pledge, sebuah gerakan yang dibuat oleh Bill Gates, Warren Buffett, dan Melinda Gates untuk mengajak orang-orang super kaya menyumbangkan sebagian besar harta mereka untuk kegiatan filantropi.

Baca juga: Donasi Rp 85,8 Triliun Tahun Lalu, MacKenzie Scott Malah Tambah Tajir

Meski ia terus mendonasikan hartanya, nilai kekayaan mantan istri Jeff Bezos tersebut justru meningkat seiring dengan lonjakan harga saham Amazon di tengah pandemi.

Pada Juli 2020 lalu, ia mengumumkan telah mendonasikan 1,7 miliar dollar AS dari kekayaannya untuk 116 organisasi yang bekerja di bidang-bidang yang membutuhkan termasuk kesetaraan ras, LGBTQ, hingga perubahan iklim.

Pada Desember lalu, Scott pun baru saja mengumumkan donasi senilai 4,2 miliar dollar AS yang ditujukan kepada 384 organisasi.

Sumbangan terbaru tersebut membuat total donasinya mencapai lebih dari 8,5 miliar dollar AS dalam waktu kurang dari setahun.

Baca juga: Tiket ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos Laku Rp 397,6 Miliar



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X