Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Ide Datang di Kamar Mandi | Mengapa Berpikir Logis Itu Penting?

Kompas.com - 18/06/2021, 02:20 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Mengapa saat kita berada di kamar mandi kerap muncul ide-ide cemerlang yang belum pernah terpikir oleh kita?

Pertanyaan itu sering ditanyakan banyak orang-orang, yang rupanya memiliki penjelasan tersendiri.

Saat berada di kamar mandi dan dengan melakukan aktivitas mandi, baik di pagi maupun sore hari, otak pada tubuh kita tengah dalam kondisi relaks.

Dalam kondisi demikian otak kita bisa mengeluarkan lebih banyak zat dopamin. Unsur ini menjadi salah satu bagian penting dalam berpikir kreatif.

Di sisi lain saat berada dalami kamar mandi seseorang cenderung jauh dari distraksi yang membuat seseorang lebih mungkin berpikir secara jernih.

Selain mengenai ide cemerlang di kamar mandi, ada juga pembahasan mengenai alasan mengapa kita perlu berpikir logis serta seputar adakah yang dinamakan hari sial.

Berikut konten-konten menarik dan populer kanal Humaniora di Kompasiana:

1. Kenapa Ide-ide Terbaik Sering Muncul Saat sedang Mandi?

Faktor yang sangat penting bagi kita untuk menjadi kreatif adalah dopamin. Semakin banyak dopamin yang dilepaskan, semakin kreatif diri kita

Tapi, dopamin saja bukan faktor satu-satunya yang membuat kita kreatif. Faktor penting lainnya yang berpengaruh adalah ada tidaknya gangguan atau distraksi.

Nah, dari itu, setidaknya kita bisa mengetahui alasan mengapa saat berada di kamar mandi kerap muncul ide-ide brilian. Alasannya di sana sangat sedikit sekali ada distraksi.

Dengan kata lain, adanya gangguan bisa membuat Anda "beristirahat" dan melepaskan diri dari solusi ngga efektif yang membuat Anda terus menerus terpaku padanya. (Baca selengkapnya)

2. Mengapa Kemampuan Berpikir Logis Itu Penting?

Secara sederhana berpikir logis merupakankemampuan melihat dan menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan secara tepat.

Keterampilan berpikir logis dengan logika itu penting untuk membuat keputusan yang tepat tentang tindakan yang harus diambil selanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com