Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melamar Kerja Tak Perlu Nunggu Lowongan Buka, Begini Caranya

Kompas.com - 20/06/2021, 11:04 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Melamar kerja di sebuah perusahaan tak harus menunggu lowongan dibuka. Kamu bebas menebar CV maupun resume kapan pun dan di manapun.

Kalau menunggu perusahaan membuka lowongan kerja, sama saja seperti pungguk merindukan bulan. Tak tahu kapan digelar.

Giliran lowongan kerja dibuka, mungkin kamu ketinggalan informasi tersebut, sehingga tidak mengirim lamaran kerja.

Sebetulnya kalau kamu sedang butuh pekerjaan, atau mau pindah kerja, bahkan mengincar perusahaan impian, kirim saja surat lamaran meski belum ada lowongan tersebut di situs resmi perusahaan maupun situs loker

Caranya dengan mengirimkan Letter of Interest ke perusahaan. Apa itu? Berikut ulasannya, seperti dikutip Cermati.com.

Membuat Letter of Interest

Letter of Interest (LoI) adalah surat yang dikirimkan pelamar dengan tujuan menawarkan diri untuk bekerja di sebuah perusahaan.

Namanya juga usaha, siapa tahu perusahaan sebetulnya sedang butuh karyawan baru, namun masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkan lowongan kerja.

Kehadiran LoI kamu bisa jadi pertimbangan bagi perusahaan. Walaupun mesti ekstra sabar menanti jawaban atau panggilan wawancara.

Contohnya kamu sudah resign dari profesi sebagai wartawan di media online. Kemudian kamu mengirim LoI ke beberapa media besar untuk posisi jurnalis meski sedang tidak membuka lowongan kerja.

Menulis Letter of Interest yang Benar

Sebenarnya menulis LoI hampir mirip dengan CV maupun resume. Berisikan penawaran diri bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan yang dituju.

Sampaikan pula posisi yang kamu lamar, berikut keahlian atau kemampuan yang kamu miliki. Yakinkan perusahaan dengan pengalaman maupun bekal ilmu yang dimiliki, kamu dapat memberi kontribusi positif.

Mungkin saja HRD perusahaan melihat LoI kamu. Kemudian, ternyata sesuai dengan yang sedang mereka cari. Atau LoI kamu disimpan karena belum dibutuhkan saat itu.

Tetapi suatu saat ketika mereka sedang mencari kandidat baru, mereka akan buka file-file lamaran kerja dan menemukan LoI yang kamu kirim.

Untuk itu, pastikan kamu membuat atau menulis Letter of Interest semenarik mungkin seperti surat lamaran kerja. Tujuannya biar dilirik HRD perusahaan.

Letter of Interest akan menjadi “perwakilan” kamu di mata perusahaan. Jadi, jangan menulis sembarangan.

Sama seperti surat lamaran, LoI diawali dengan penulisan nama kota, tanggal, bulan dan tahun di sebelah kanan atas. Lalu di bawahnya tuliskan alamat yang dituju di bagian kiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com