Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Targetkan Recovery Aset di Atas Rp 2 Triliun

Kompas.com - 20/06/2021, 17:08 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menargetkan recovery aset lebih dari Rp 2 triliun. Hal itu dilakukan dengan menawarkan aset potensial yang dimiliki perseroan kepada para investor.

Penawaran tersebut dilakukan dengan menggelar acara Asset Sales Festival Nasional Bank BTN Tahun 2021.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, pada gelaran Asset Sales Festival Nasional ini, perseroan menawarkan 8.140 unit dengan nilai sekitar Rp 3 triliun. Adapun aset yang ditawarkan berupa rumah tapak, ruko, apartemen, proyek perumahan dan hotel.

Baca juga: Dana Pihak Ketiga di BTN Meroket 41 Persen, Ini Penyebabnya

"Tahun ini, kami menargetkan recovery asset mencapai Rp 2,1 triliun," jelas Haru dalam siaran pers, Minggu (20/6/2021).

Haru menegaskan, kegiatan Asset Sales Festival tahun ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan di lima kota tahun lalu. Tahun ini, setelah Yogyakarta, rencananya Asset Sales Festival akan digelar di Jakarta dan Surabaya.

Menurut Haru, festival ini merupakan waktu yang tepat bagi para investor berinvestasi di sektor properti. Apalagi, industri properti saat ini sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

"Tahun lalu dari acara Asset Sales Festival ini, aset yang berhasil dijual Rp 513 miliar. Tahun ini kami targetkan Rp 600 sampai Rp 700 miliar," katanya.

Bank bersandi saham BBTN ini optimistis 8.140 unit properti yang ditawarkan bisa terjual hingga akhir tahun ini. Adapun saat ini sudah ada komitmen pembelian aset mencapai Rp 300 miliar.

Baca juga: Melejit, Laba Bersih BTN Tembus Rp 625 Miliar di Kuartal I-2021

Jika penjualan aset potensial ini berhasil dilakukan dengan optimal, maka mampu meningkatkan kemampuan Bank BTN untuk terus berekspansi kepada kredit-kredit baru khususnya sektor perumahan.

Hingga Mei 2021, Bank BTN berhasil melakukan recovery aset senilai Rp 423 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com