Kabar Gembira, Bantuan Kuota Internet Gratis Cair Mulai Agustus 2021

Kompas.com - 23/07/2021, 14:45 WIB
Sejumlah pelajar belajar daring memanfaatkan jaringan internet gratis di kolong rel kereta api Mangga Besar, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Fasilitas internet gratis menggunakan modem WiFi yang disediakan oleh warga setempat yang lebih mampu itu bertujuan untuk membantu kelancaran proses belajar daring siswa yang tidak mampu membeli paket kuota internet selama pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDISejumlah pelajar belajar daring memanfaatkan jaringan internet gratis di kolong rel kereta api Mangga Besar, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Fasilitas internet gratis menggunakan modem WiFi yang disediakan oleh warga setempat yang lebih mampu itu bertujuan untuk membantu kelancaran proses belajar daring siswa yang tidak mampu membeli paket kuota internet selama pandemi COVID-19.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memberikan kuota internet gratis untuk anak sekolah, mahasiswa, hingga guru/dosen. Semula, bantuan subsidi kuota internet ini sudah berakhir pada Juni 2021.

Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemberian kuota internet ini bakal cair mulai bulan Agustus 2021. Subsidi akan diberikan hingga bulan Desember 2021.

"Kita telah memutuskan untuk memberikan perpanjangan subsidi kuota internet untuk bulan Agustus-Desember," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers dikutip Kompas.com, Jumat (23/8/2021).

Baca juga: Ada Diskon Tarif Listrik, Cek di Sini untuk Tahu Dapat atau Tidak

Bendahara Negara ini menjelaskan, bantuan diberikan untuk meringankan beban orang tua saat pandemi Covid-19. Bagaimana pun, dana untuk membeli kuota internet bertambah saat pandemi lantaran anak-anak tak bisa belajar secara tatap muka.

Adapun besaran kuota internet yang cair mulai bulan Agustus ini akan berbeda-beda. Untuk PAUD, kuota yang diberikan adalah 7 GB/bulan, untuk SMP-SMA sebesar 10 GB/bulan, dan untuk guru sebesar 12 GB/bulan.

Sedangkan bagi mahasiswa dan dosen masing-masing sebesar 15 GB/bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Subsidi diberikan untuk masyarakat yang tentu anak-anaknya masih sekolah, di mana sekolah belum bisa diselenggarakan secara tatap muka. Minggu depan anak-anak mulai masuk lagi semester baru," beber Sri Mulyani.

Baca juga: Kapan Subsidi Gaji Rp 1 Juta Cair? Ini Jawaban Pemerintah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.