Daftar Tempat di Jakarta yang Pengunjungnya Wajib Tunjukan Sertifikat Vaksin Covid-19

Kompas.com - 29/07/2021, 12:30 WIB
Aturan PPKM Level 4, Periode 26 Juli-2 Agustus 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoAturan PPKM Level 4, Periode 26 Juli-2 Agustus 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperbolehkan restoran hingga salon dengan klasifikasi tertentu buka selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4.

Namun, pengunjung dan pekerja di tempat-tempat tersebut wajib menujukan sertifikat vaksin Covid-19.

Hal ini diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf Nomor 495 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 pada Sektor Pariwisata.

Baca juga: Ini Aturan Baru Jam Kerja ASN Selama PPKM

Berikut daftar tempat-tempat di DKI yang wajibkan pengunjungnya menunjukan sertifikat vaksin Covid-19:

  • Penyedia jasa akomodasi seperti hotel dan guest house
  • Restoran, rumah makan, atau kafe yang sudah diizinkan untuk beroperasi selama PPKM level 4 (kegiatan usaha yang terletak di lokasi terbuka, bukan di gedung tertutup)
  • Salon dan barbershop (tukang pangkas rambut) yang usahanya berada pada lokasi tersendiri.

Adapun batas maksimal operasional restoran dan salon-salon selama masa PPKM Level 4 tersebut dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk kegiatan restoran yang berada di dalam gedung atau toko tertutup baik pada lokasi tersendiri maupun berlokasi pada pusat perbelanjaan hanya diperbolehkan menerima pesan antar atau layanan take away sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bergantung pada Periode PPKM Level 4

Plt Kepala Disparekraf DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengatakan, kebijakan tersebut diambil agar menjadi tren positif untuk usaha pariwisata ke depannya.

Pengawasan, kata Gumilar, akan dilakukan oleh petugas Satpol PP bersama unsur TNI/Polri dan satgas Covid-19 dari Disparekraf DKI Jakarta.

"Tentunya hal tersebut juga tergantung dengan kepatuhan usaha pariwisata yang diperbolehkan beroperasi dalam menerapkan aturan-aturan atau pembatasan yang telah ditetapkan," kata Gumilar.

 

(Penulis : Singgih Wiryono/ Editor : Egidius Patnistik).

Baca juga: Update Syarat Perjalanan Transportasi Darat di Wilayah PPKM Level 1-4

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.