Cara Dapatkan Paket Obat Gratis untuk Pasien yang Melakukan Isoman

Kompas.com - 01/08/2021, 13:45 WIB
Obat Gratis Telemedicine untuk Pasien Isoman Covid-19 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoObat Gratis Telemedicine untuk Pasien Isoman Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memiliki program pemberian paket obat gratis untuk pasien  Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (Isoman). Ada tiga jenis paket obat yang telah disediakan dalam program itu.

"Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang akan kita berikan masing-masing untuk 7 hari," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Paket obat gratis untuk pasien Isoman pertama berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan hasil PCR positif tanpa gejala atau OTG.

Baca juga: Disalurkan lewat TNI-Polri, Ini Rincian Paket Bansos dan Obat Gratis

Paket kedua, berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman. Paket ketiga, erisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

Namun, untuk paket 2 dan 3 memerlukan konsultasi dan resep dari dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, bagaimana cara mendapatkan paket obat gratis untuk pasien Isoman?

Baca juga: Pekan Ini, Pemerintah Bagikan 300.000 Paket Obat Gratis ke Pasien Covid-19 yang Isoman

Cara Dapatkan Obat Gratis

  • Pasien melakukan tes PCR atau swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes
  • Jika hasil tes menyatakan positif COVID-19, pasien akan menerima WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
  • Pasien bisa melakukan konsultasi online dengan dokter di salah satu platform layanan telemedicine secara gratis dengan klik tautan yang terdapat dalam pesan WhatsApp Kemenkes RI dan memasukkan kode voucher di aplikasi yang dipilih
  • Melakukan konsultasi dengan dokter dan menginformasikan bahwa Anda adalah pasien program Kemenkes
  • Dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien
  • Apabila pasien dinyatakan masuk ke dalam kategori pasien yang bisa melakukan isoman, maka obat dapat ditebus secara gratis usai konsultasi
  • Untuk mendapatkan obat secara gratis, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma, berikut ini daftar nomornya:
  1. Jakarta Timur 0811222-3049
  2. Jakarta Utara 0811222-1832
  3. Jakarta Pusat 08787724-1590
  4. Jakarta Selatan 08953248-74355
  5. Jakarta Barat 08787724-1405
  • Pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture), KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju
  • Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes dan dikirimkan menggunakan jasa pengiriman yang bekerja sama dengan telemedicine Kemenkes.

Jokowi pun meminta pengawasan penyaluran program ini diawasi secara ketat.

"Saya minta juga agar program ini tidak mengganggu ketersediaan obat esensial terapi Covid-19 di apotek maupun di RS," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, bahwa vitamin dan obat gratis untuk pasien Isoman yang diberikan untuk masyarakat tidak diperjualbelikan.

"Pasokannya dipersiapkan Menteri BUMN yang diproduksi oleh BUMN farmasi dan kemudian pendistribusiannya akan dikoordinasikan oleh panglima tni yang nantinya akan berkoordinasi dengan pemda, desa, babinsa dan pengurus RT/RW," tutur kepala negara.

Baca juga: Obat Terapi Covid-19 Langka, Ini Dugaan KPPU

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.