Kompas.com - 01/08/2021, 11:25 WIB
ilustrasi PayPal adalah dan rekening PayPal. businessinsider.comilustrasi PayPal adalah dan rekening PayPal.

JAKARTA, KOMPAS.com - PayPal adalah salah satu pembayaran digital paling populer di dunia. Platform ini banyak digunakan untuk pembayaran transaksi yang bersifat daring.

Sebagai informasi, PayPal adalah perusahaan layanan keuangan yang berbasis di California Amerika Serikat. Salah satu pendirinya yakni Elon Musk yang juga dikenal sebagai perintis mobil listrik Tesla. 

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1998 ini sempat menjadi anak usaha eBay sebelum kemudian dipisahkan sebagai perusahaan tersendiri. 

Keunggulan payPal adalah penggunaan transaksinya yang bisa dilakukan lintas negara. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi mereka yang sering melakukan jual beli produk dari luar negeri.

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

Sederhananya, rekening PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan jasa layanan transfer dan pembayaran secara online. Sebelum masifnya e-commerce, PayPal banyak dimanfaatkan untuk pengiriman uang antara negara bersaing dengan wesel pos.

Pembayaran maupun pengiriman uang dengan PayPal juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi, prosesnya pun bisa dilakukan dengan sangat cepat. Kerahasiaan informasi pemilik rekening juga terjaga dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contohnya ketika Anda melihat dan menyukai sebuah produk yang dijual di e-commerce namun ternyata penjualnya berada di luar negeri, PayPal adalah solusi pembayarannya.

Selain mengirimkan uang dan membayar pembelian, Anda juga bisa menerima transfer uang lewat rekening PayPal atau Paypal account.

Baca juga: Apa Itu Bank Kustodian dalam Investasi Reksadana?

Rekening PayPal atau PayPal account adalah rekening online yang berfungsi sebagai rekening pengirim maupun penampung dana sebagaimana rekening pada bank.

Dikutip dari laman resminya, jumlah pengguna aktif PayPal adalah 325 juta akun dengan jangkauan transaksi hampir di seluruh dunia. PayPal bisa menarik dana dalam 56 mata uang asing, dan menyimpan saldo di rekeningnya dalam 25 mata uang.

Meskipun banyak menawarkan kemudahan, pada awalnya pengguna PayPal di Indonesia masih terbilang sangat sedikit, ini karena proses verifikasi pembuatan rekening Paypal adalah masih harus menggunakan kartu kredit.

Namun saat ini, verifikasi PayPal untuk penggunanya di Indonesia sudah tak lagi memerlukan kartu kredit, ini karena beberapa rekening tabungan perbankan di Tanah Air maupun kartu debitnya sudah bisa terhubung dengan PayPal.

Baca juga: Apa Itu Dropship, Apa Bedanya dengan Reseller

Berikut ini tahapan pembuatan rekening PayPal:

  • Buka website resmi PayPal di paypal.com
  • Pada bagian atas website, pilih akun yang diinginkan yakni akun pribadi atau akun bisnis. Setelah itu pilih daftar
  • Masuk ke halaman baru, pilihlah jenis akun yang sesuai keinginan, misalnya akun 'Primer' yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli online
  • Isi data pribadi, lalu klik tombol 'Setuju dan Buat Rekening'.
  • Muncul halaman verifikasi dan masukan kode yang dikirimkan, klik 'Lanjutkan' dan kemudian klik 'Masuk ke Rekening Saya'
  • Anda akan masuk ke halaman akun rekening PayPal. Lakukan konfirmasi dengan membuka email.
  • Buka email dan klik link yang dikirimkan PayPal
  • Setelah terkonfirmasi, PayPal akan meminta Anda memasukan email dan password yang sudah didaftarkan
  • Setelah login, isi kolom pertanyaam yang mudah diingat, lalu klik tombol 'Kirimkan'
  • Akun PayPal sudah dibuat dan bisa digunakan sebagai transaksi

Baca juga: Apa Itu Sekuritas dalam Perdagangan Saham?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.