KILAS

Demi Kelancaran Distribusi Oksigen, Kemenaker Awasi Operasi ISO Tank

Kompas.com - 01/08/2021, 09:38 WIB
Pengawasan terhadap penyediaan dan pendistribusian ISO Tank yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan melalui Pengawas Ketenagakerjaan. Dok. Humas Kementerian KetenagakerjaanPengawasan terhadap penyediaan dan pendistribusian ISO Tank yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan melalui Pengawas Ketenagakerjaan.

KOMPAS.com - Untuk memastikan pendistribusian oksigen ke berbagai tempat berjalan aman dan lancar, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meninstruksikan pengawas ketenagakerjaan untuk melakukan pengawasan operasi International Organization for Standardization (ISOtank.

Seperti diketahui, saat ini oksigen menjadi kebutuhan vital bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Oleh karenanya, ISO tank sebagai sarana utama pendistribusian oksigen perlu diawasi secara maksimal.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Haiyani Rumondang mengatakan, pengawasan yang dilakukan Kemenaker diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pendistribusian ISO tank.

“Dalam rangka mendukung percepatan tersedianya oksigen untuk penanganan Covid-19, Kemnaker memberikan kemudahan dalam penggunaan ISO tank secara aman dan selamat," kata Haiyani dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Kemenaker Estimasi Ada 8,7 Juta Pekerja yang Dapat Subsidi Upah

Menurut Haiyani, pengawasan tersebut juga merupakan langkah Kemenaker dalam memastikan kualitas oksigen dan proses penanganannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Supervisi ini diperlukan sebagai upaya memastikan penyediaan dan pendistribusian oksigen berjalan dengan aman dan nyaman,” imbuhnya.

Haiyani menambahkan, pengawasan terhadap ISO tank tersebut adalah salah satu bagian dari implementasi K3. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit yang diakibatkan oleh pekerjaan.

“Kami juga meminta perusahaan ataupun instansi yang mengoperasikan ISO tank ini untuk benar-benar memperhatikan aspek K3, sehingga tidak ada kendala dalam pemenuhan kebutuhan oksigen,” tandas Haiyani.

Baca juga: Percepat PEN, Kemenaker Gulirkan 4 Program di Sektor Ketenagakerjaan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.