Update Syarat Penerbangan Lion Air Grup, Hanya Penumpang di Atas 12 Tahun yang Boleh Terbang

Kompas.com - 04/08/2021, 14:05 WIB
Lion Air Dokumentasi Lion Air GroupLion Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air Group menetapkan persyaratan terbaru untuk penerbangan domestik selama masa waspada pandemi Covid-19. Aturan ini berlaku mulai 4-9 Agustus 2021 seiring dengan adanya kategori penerapan PPKM Level 4-1 oleh pemerintah.

Adapun ketentuan ini berlaku pada maskapai Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID).

"Seluruh pelaksanaan operasional penerbangan Lion Air Group tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Secara umum persyaratan penerbangan domestik adalah hanya diperbolehkan untuk penumpang usia di atas 12 tahun. Serta memiliki surat keterangan hasil tes negatif Covid-19 baik melalui RT-PCR maupaun rapid antigen.

Baca juga: Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 di 21 Provinsi Luar Jawa-Bali

Adapun pemeriksaan atau pengujian sampel Covid-19 harus dilakukan di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan, sehingga hasil tes akan masuk dalam data dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Syarat lainnya yakni memiliki pula surat keterangan telah menerima vaksin minimal dosis pertama. Bila penumpang dalam kondisi tak bisa di vaksin harus menunjukkan surat keterangan medis dari dokter spesialis yang menyatakan sehat dan alasan detail tidak dapat di vaksin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penumpang pun diwajibkan mengisi data diri dan syarat penerbangan pada aplikasi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic health alert card/eHAC) sebelum keberangkatan atau setelah tiba di bandara tujuan. Aplikasi ini dapat diunduh atau diakses pada laman https://inahac.kemkes.go.id/.

Pada wilayah yang sudah dapat mengakses aplikasi PeduliLindungi maka akan beralih dari aplikasi eHAC. Aplikasi PeduliLindungi terintegrasi data hasil tes pemeriksaan Covid-19 dan data vaksinasi nasional. Adapun aplikasi ini dapat diunduh atau diakses pada laman https://pedulilindungi.id/.

Baca juga: Sri Mulyani Beberkan 4 Strategi RI Keluar dari Middle Income Trap

Syarat penerbangan ke bandara di wilayah kategori PPKM Level 4

Pada wilayah dengan kategori Level 4, syarat penerbangan yang berlaku adalah menunjukkan surat hasil tes negatif Covid-19 dari RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Lalu memiliki kartu vaksin, mengisi aplikasi eHAC atau PeduliLindungi, serta penumpang harus berusia di atas 12 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.