Harga Kedelai Dunia Naik, Pemerintah Minta Perajin Tahu Tempe Tak Khawatir

Kompas.com - 05/08/2021, 08:32 WIB
Perajin membuat tahu di Krapayak X, Margoagung, Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (2/1/2021). Sejumlah perajin tahu di kawasan itu mengaku mengalami penurunan keuntungan sekitar 50 persen menyusul naiknya harga kedelai dari Rp7 ribu per kilogram menjadi Rp9 ribu per kilogram sejak beberapa hari terakhir. ANTARA FOTO/Andreas Fitri AtmokoPerajin membuat tahu di Krapayak X, Margoagung, Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (2/1/2021). Sejumlah perajin tahu di kawasan itu mengaku mengalami penurunan keuntungan sekitar 50 persen menyusul naiknya harga kedelai dari Rp7 ribu per kilogram menjadi Rp9 ribu per kilogram sejak beberapa hari terakhir.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menjamin ketersediaan kedelai secara nasional tetap aman dengan harga yang wajar dan terjangkau di tengah fluktuasi harga kedelai dunia.

Fluktuasi harga ini diharapkan tidak menyurutkan para perajin tahu dan tempe untuk terus berproduksi agar masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan proteinnya dengan baik.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengimbau pelaku usaha untuk tetap tenang.

“Fluktuasi harga kedelai dunia disebabkan komoditas kedelai asal Amerika Serikat yang masih belum memasuki masa panen. Sehingga, berdampak pada naiknya harga kedelai saat ini,” ujar Oke dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Melihat Tantangan Besar Industri Kelapa Sawit Indonesia

Berdasarkan tren harga yang dikutip dari Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia pada minggu keempat Juli 2021 sebesar 14,33 dollar AS per bushels atau sebesar Rp 8.924 per kilogram.

Angka ini telah naik sekitar 5,4 persen dibanding sebulan sebelumnya yaitu 13,60 dollar AS atau sekitar Rp 8.526 per kilogram.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oke menjelaskan, dampak kenaikan harga kedelai dunia baru akan terasa bulan mendatang.

Meski begitu ia berharap para perajin tempe dan tahu masih mendapatkan harga kedelai yang wajar dan terjangkau.

Saat ini, secara umum harga kedelai di tingkat perajin di kota-kota besar dan sentra produksi utama kedelai sekitar Rp 10.000 per kilogram.

Baca juga: Bantuan Kuota Internet Gratis Cair September 2021, Ini Syarat Penerimanya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.