Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa UMKM Sulit Dapat Kredit Bank? Ini Jawaban Bos BRI

Kompas.com - 05/08/2021, 10:43 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerap mengaku sulit mendapat pendanaan dari perbankan. Padahal pembiayaan atau kredit ke UMKM berpotensi besar digarap perbankan.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso pun mengaku masih sering mendapat keluhan serupa.

"Dalam perjalanan karir saya dalam membina UMKM dan deal bisnis dengan UMKM, masih sering kita dengarkan persoalan bahwa sulit mendapatkan pembiayaan, jadi UMKM potensinya besar tapi memang tidak disentuh oleh bank. Di satu sisi kita dengar," kata Sunarso dalam Webinar Jaga UMKM Indonesia di Jakarta, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Menkop Teten Khawatir PPKM Level 4 Bikin UMKM Jatuh Lagi

Kerap mendapat keluhan soal pembiayaan UMKM membuat Sunarso memutar otak. Sebab menurutnya, memberikan pembiayaan ke UMKM tak selalu sulit jika UMKM memiliki kapasitas yang diinginkan perbankan.

UMKM kata Sunarso, harus diedukasi, bukan diadvokasi untuk mendapat pembiayaan di awal. Edukasi dilakukan supaya UMKM memiliki kapasitas sehingga posisi tawar di pasar sejajar dengan lembaga pembiayaan.

"Maka tegas saya jawab yang lebih dibutuhkan oleh UMKM sebetulnya bukan advokasi tapi adalah edukasi. Karena advokasi tetap saja membuat posisi mereka di bawah, dan lembaga pembiayaan adanya di atas, dan itu tidak fair," ucap Sunarso.

Adapun edukasi yang harus diberikan berupa semangat entrepreneurship karena tidak semua UMKM memiliki semangat tersebut. Kemudian UMKM perlu dibekali ilmu administrasi manajerial untuk mengatur keuangan, mengakses informasi, mengakses pasar, dan mengakses permodalan.

Baca juga: Targetkan 8,7 Juta Penerima BSU, Menaker Ida Minta Pekerja Penuhi Persyaratan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com