Menkominfo: Pemerintah Libatkan Para Ahli Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Kompas.com - 06/08/2021, 20:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Dok. KemenkominfoMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, setiap langkah strategis atau kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19 diambil dengan perencanaan yang matang dan komprehensif.

Menurut dia, pemerintah selalu menghitung dan mempertimbangkan segala aspek dalam mengambil kebijakan terkait penanganan pandemi. Bahkan, selama ini pemerintah menerima masukan dari berbagai pihak dan melibatkan para ahli-ahli dari universitas dalam negeri dan juga ahli dari organisasi dunia WHO.

"Masyarakat perlu tahu pemerintah tidak pernah asal-asalan dalam mengambil keputusan. Kita melibatkan ahli-ahli dari UGM, Airlangga (universitas), dan tentu juga dari Lembaga kesehatan dunia WHO yang menjadi benchmark kita,” ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Luhut Minta Masukan Penanganan Pandemi Covid-19 dari Ekonom, Dokter, hingga Mahasiswa

Dia menambahkan, pemerintah selalu mendengar segala pendapat, masukan, dan saran yang disampaikan oleh berbagai pihak. Konteks penanganan Covid-19 disebutnya sangat komprehensif dan kompleks sehingga butuh banyak masukan dari pihak-pihak terkait.

"Meskipun kemudian tidak semua pendapat bisa diimplementasikan, karena konteks keputusan (terkait Covid-19) sangat luas (cakupannya). Oleh karenanya pemerintah butuh kerja sama yang bahu membahu dari semua elemen strategis,” kata Johnny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Politisi Partai Nasdem ini mengungkapkan ada lima elemen strategis yang menjadi aktor penting dalam menangani persoalan pandemi. Lima elemen strategis tersebut yaitu pemerintah, masyarakat umum, organisasi kemasyarakatan, Perguruan Tinggi, media massa dan para pelaku usaha.

Baca juga: Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen, Wamenkeu: Gerak Ekonomi dan Pandemi Seimbang

Kelima elemen ini menurutnya perlu menyatu dalam soliditas agar Covid-19 segera dapat terkendali dan Indonesia akan mampu melewati masa sulit.

"Dibutuhkan kerjasama, bahu membahu antar 5 elemen strategis ini agar terjali soliditas nasional. Semua masalah di lapangan dapat kita atasi bersama kalua kita semua kompak,” ungkap Johhny G Plate.

Baca juga: Total Anggaran Vaksinasi Pemerintah Capai Rp 57,84 triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.