Migrasi ke BSI, Kartu BNI Syariah Tak Bisa Dipakai di Mesin ATM BNI

Kompas.com - 14/08/2021, 05:30 WIB
Logo PT Bank Syariah Indonesia Tbk. kode bank mandiri syariah, kode bank bni syariah, kode bank syariah indonesia, kode bank bri syariah Dok. Bank Syariah IndonesiaLogo PT Bank Syariah Indonesia Tbk. kode bank mandiri syariah, kode bank bni syariah, kode bank syariah indonesia, kode bank bri syariah


JAKARTA, KOMPAS.com – Kartu ATM BNI Syariah saat ini tidak bisa lagi dipakai transaksi di mesin ATM BNI, setelah dilakukannya proses migrasi rekening di Bank Syariah Indonesia (BSI).

Meski demikian, bukan berarti kartu ATM BNI Syariah yang lama tidak bisa digunakan sama sekali. Wakil Direktur Utama 2 BSI Abdullah Firman Wibowo menyampaikan penjelasan mengenai hal ini.

“Kartu ATM (BNI Syariah) bisa dipakai di semua bank-bank lain kecuali memang di (mesin) ATM BNI,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com pada Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Daftar Biaya Transaksi Nasabah BSI di Mesin ATM Bank Lain

Ini sekaligus menjawab sejumlah pertanyaan nasabah terkait kenapa kartu ATM BNI Syariah tidak bisa digunakan lagi.

Firman menyebut, memang ada potensi adanya kesulitan nasabah dalam bertransaksi menggunakan kartu ATM lamanya setelah dilakukan migrasi rekening BSI.

“Kebetulan beberapa nasabah buat (kartu) ATM-nya kan sebelum tahun 2018, nah itu belum ada chip dan GPN, nah itu masih kesulitan juga buat transaksi di (mesin) ATM-ATM lain, kecuali ATM itu sudah ada GPN-nya dan lain-lain,” jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas bagaimana pemberlakuan biaya transaksi menggunakan kartu ATM BNI Syariah yang lama?

“Biaya transaksi sama kayak biaya transaksi umum. Kalau dulu nasabah BNI Syariah transaksi di mesin ATM BNI, kayak penarikan tunai itu enggak ada kena biaya. Karena mesin ATM-nya sama,” ucapnya.

“Nah kalau sekarang transaksi di mesin ATM BSI tidak ada biaya. Tapi kalau di mesin ATM bank lain berlaku tarif sesuai ketentuan masing-masing bank,” jelasnya.

Baca juga: Tabungan Nasabah Eks-BNI Syariah Senilai Rp 16,1 Triliun Pindah ke BSI

BSI sendiri secara resmi juga telah mengumumkan perihal kartu BNI Syariah yang tidak bisa digunakan bertransaksi di mesin ATM BNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.