Kompas.com - 26/08/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kinerja kredit perbankan masih tetap stabil pada Juli 2021. Hal itu terefleksikan dari fungsi intermediasi perbankan yang kembali tumbuh positif.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, sejak awal tahun hingga Juli 2021, perbankan telah mengucurkan kredit sebesar Rp 1.439 triliun.

Dalam periode yang sama, terdapat pelunasan dan pembayaran angsuran kredit termasuk dari beberapa debitur besar yang mencapai Rp 1.332 triliun.

“Sehingga secara statistik kredit perbankan pada Juli kembali berada di zona positif dan tumbuh sebesar 0,5 persen year on year (yoy),” kata Anto dalam keterangannya, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Sudah Dibuka, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19

Pertumbuhan tersebut didorong oleh kredit konsumsi yang tumbuh 2,4 persen dan kredit segmen UMKM yang tumbuh 1,93 persen.

Selain itu, kredit ke sektor komoditas berorientasi ekspor mulai meningkat dan diperkirakan ke depan akan terus bertambah sejalan dengan peningkatan harga serta permintaan di Amerika Serikat dan China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) masih mencatatkan pertumbuhan double digit sebesar 10,43 persen yoy.

“Dari sisi suku bunga, transmisi kebijakan penurunan suku bunga telah diteruskan pada penurunan suku bunga kredit ke level yang cukup kompetitif,” tutur Anto.

Adapun rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) gross tercatat sebesar 3,35 persen dan NPL net 1,09 persen.

“OJK secara berkelanjutan melakukan asesmen terhadap sektor jasa keuangan dan perekonomian untuk menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ucap Anto.

Baca juga: Bos Djarum Group Dukung Rencana IPO Blibli Tahun Depan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.